Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Beras BULOG SPHP Di Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.24853/jat.v10i1.26775Keywords:
product quality, price, Brand image, packaging, purchasing decisionAbstract
Rice is a staple food for Indonesian society, making the factors influencing rice purchasing decisions crucial in marketing. This study aims to analyze the influence of price, product quality, brand image, and packaging on the purchasing decision of BULOG SPHP rice in Surabaya. The research employs a quantitative approach with a non-probability sampling method, specifically accidental sampling, involving 90 respondents. Data were collected through questionnaires and analyzed using the SEM-PLS technique with SmartPLS 4 software. The results indicate that price, product quality, and packaging have a positive and significant influence on purchasing decisions, whereas brand image does not have a significant impact. Stable and affordable pricing is the primary factor influencing consumer decisions, followed by good product quality and attractive, functional packaging. These findings suggest that marketing strategies focusing on price, quality, and packaging are more effective in increasing consumer interest in BULOG SPHP rice.References
Ariska F M, Hendrik Sunarko, Supriyadi. 2023. Pengaruh Kemasan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Beras Bulog Di Kota Metro. Journal of Agriculture and Animal Science (Agrimals), Volume 3, Nomor 2, Oktober 2023
Badan Pangan Nasional. 2024. NFA Dorong Peningkatan Sinergi Dan Kolaborasi Perum Bulog Untuk Menjaga Stabilitas Pasokan dan Harga Beras. Surabaya: Badan Pangan Nasional
Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. 2023. Surabaya dalam Angka 2023. Surabaya: BPS.
Fajari, D. A., Abyantara, M. F., & Lingga, H. A. 2021. Peramalan Rata-Rata Harga Beras Pada Tingkat Perdagangan Besar Atau Grosir Indonesia Dengan Metode Sarima (Seasonal Arima). Jurnal Agribisnis Terpadu, 14(1), 88-97
Ferhat, K., & Hidayatullah, D. S. (2019). Pengaruh Perilaku Konsumen, Kualitas Produk, Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Klamby. E-Proceeding Of Management : Vol.6, No.2, 2686-2693
Kholilah, S. 2020. Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian beras premium pada Perum BULOG Cabang Padangsidimpuan (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan)
Kotler, Susanto A.B. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat
Kumbara, V. B. 2021. Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan Volume 2, Issue 5, 604-630
Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Cafe KO.WE.COK di Solo. Jurnal Manajemen Indonesia, 6(1).
Lestari, H. S., Farida, R. R., & Paris, A. N. R. 2024. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Beras Di Pasar Cipanas Kabupaten Cianjur. Jurnal Agrita, 6(1), 52-62.
Murtiyanto, R & Said, M. 2024. Pengaruh Kemasan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Beras Medium (KPSH) di Perum Bulog Kanwil Bali (Studi Pada TPK Merta Jaya Kreneng Denpasar)
Perum BULOG. 2020. Laporan Penyaluran Beras Premium dan Kebijakan Program Raskin
Puspita, C. M., & Budiatmo, A. 2020. Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening (Studi pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi di Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 268-275. Aug.2020.https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28079
Putri, N, Hadita, Neng Siti Komariah. 2024. Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Bulog (Studi Kasus Konsumen Bulog Di Kelurahan Sukaringin Bekasi Utara). Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JEKOMBIS) Vol.3, No.2 Mei 2024
Rahmaha, R. M., & Supriyono. 2022. Pengaruh electronic word of mouth dan citra merek terhadap keputusan pembelian masker wajah Sariayu. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 6(2), 161-168
Riduwan, dan Kuncoro, E. A. 2007. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis) (1st ed., Vol. 1). Alfabeta
Sari,S.P.2020. Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi,8 (1),147.Https://Doi.Org/10.30872/Psikoborneo. V8i1.4870
Sudiyarto, S., Hidayat, R., & Widayanti, S. 2007. Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen buah impor. Jurnal Sosial dan Ekonomi Pertanian (J-SEP), 1(2), 8-15
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta
Tamon, N. P., Manoppo, W. S., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cv. Defmel Leilem. Productivity, 2(4), 309-314
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal AGROSAINS dan TEKNOLOGI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
CC BY-NC 4.0 DEED
Attribution-NonCommercial 4.0 International