Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Beras BULOG SPHP Di Kota Surabaya

Authors

  • Renita Dwi Lestari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Sri Widayanti Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Prasmita Dian Wijayati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.24853/jat.v10i1.26775

Keywords:

product quality, price, Brand image, packaging, purchasing decision

Abstract

Rice is a staple food for Indonesian society, making the factors influencing rice purchasing decisions crucial in marketing. This study aims to analyze the influence of price, product quality, brand image, and packaging on the purchasing decision of BULOG SPHP rice in Surabaya. The research employs a quantitative approach with a non-probability sampling method, specifically accidental sampling, involving 90 respondents. Data were collected through questionnaires and analyzed using the SEM-PLS technique with SmartPLS 4 software. The results indicate that price, product quality, and packaging have a positive and significant influence on purchasing decisions, whereas brand image does not have a significant impact. Stable and affordable pricing is the primary factor influencing consumer decisions, followed by good product quality and attractive, functional packaging. These findings suggest that marketing strategies focusing on price, quality, and packaging are more effective in increasing consumer interest in BULOG SPHP rice.

References

Ariska F M, Hendrik Sunarko, Supriyadi. 2023. Pengaruh Kemasan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Beras Bulog Di Kota Metro. Journal of Agriculture and Animal Science (Agrimals), Volume 3, Nomor 2, Oktober 2023

Badan Pangan Nasional. 2024. NFA Dorong Peningkatan Sinergi Dan Kolaborasi Perum Bulog Untuk Menjaga Stabilitas Pasokan dan Harga Beras. Surabaya: Badan Pangan Nasional

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. 2023. Surabaya dalam Angka 2023. Surabaya: BPS.

Fajari, D. A., Abyantara, M. F., & Lingga, H. A. 2021. Peramalan Rata-Rata Harga Beras Pada Tingkat Perdagangan Besar Atau Grosir Indonesia Dengan Metode Sarima (Seasonal Arima). Jurnal Agribisnis Terpadu, 14(1), 88-97

Ferhat, K., & Hidayatullah, D. S. (2019). Pengaruh Perilaku Konsumen, Kualitas Produk, Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Klamby. E-Proceeding Of Management : Vol.6, No.2, 2686-2693

Kholilah, S. 2020. Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian beras premium pada Perum BULOG Cabang Padangsidimpuan (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan)

Kotler, Susanto A.B. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat

Kumbara, V. B. 2021. Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan Volume 2, Issue 5, 604-630

Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Cafe KO.WE.COK di Solo. Jurnal Manajemen Indonesia, 6(1).

Lestari, H. S., Farida, R. R., & Paris, A. N. R. 2024. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Beras Di Pasar Cipanas Kabupaten Cianjur. Jurnal Agrita, 6(1), 52-62.

Murtiyanto, R & Said, M. 2024. Pengaruh Kemasan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Beras Medium (KPSH) di Perum Bulog Kanwil Bali (Studi Pada TPK Merta Jaya Kreneng Denpasar)

Perum BULOG. 2020. Laporan Penyaluran Beras Premium dan Kebijakan Program Raskin

Puspita, C. M., & Budiatmo, A. 2020. Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening (Studi pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi di Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 268-275. Aug.2020.https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28079

Putri, N, Hadita, Neng Siti Komariah. 2024. Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Bulog (Studi Kasus Konsumen Bulog Di Kelurahan Sukaringin Bekasi Utara). Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JEKOMBIS) Vol.3, No.2 Mei 2024

Rahmaha, R. M., & Supriyono. 2022. Pengaruh electronic word of mouth dan citra merek terhadap keputusan pembelian masker wajah Sariayu. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 6(2), 161-168

Riduwan, dan Kuncoro, E. A. 2007. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis) (1st ed., Vol. 1). Alfabeta

Sari,S.P.2020. Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi,8 (1),147.Https://Doi.Org/10.30872/Psikoborneo. V8i1.4870

Sudiyarto, S., Hidayat, R., & Widayanti, S. 2007. Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen buah impor. Jurnal Sosial dan Ekonomi Pertanian (J-SEP), 1(2), 8-15

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta

Tamon, N. P., Manoppo, W. S., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cv. Defmel Leilem. Productivity, 2(4), 309-314

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles