Pengaruh Ekstrak Buah Mengkudu Terhadap Mortalitas Ulatgrayak (Spodoptera litura F.)

endhy Nura Prassetia Mega, Dedi Supriyatdi, Albertus Sudirman

Abstract


Ulatgrayak (Spodoptera litura F., Lepidoptera, Noctuidae) adalah hama daun yang menghambat tanaman karena mengandung polifag. Kisaran tanaman yang menyebabkan S. litura sebagai hama utama di berbagai jenis tanaman seperti perkebunan, buah, sayuran, tanaman pangan. Rentang tembakau, kol, ubi jalar, kentang, kedelai, dan lainnya. Serangan S. litura dengan menempelkan daun sampai epidermis tipis keluar pada permukaan daun dan tulang daun. Tumbuhan yang dapat dijadikan bahan baku insektisida nabati adalah buah noni matang (Morinda citrifolia L.). Insektisida adalah campuran kimia atau kimia yang digunakan untuk mengendalikan hama tanaman (OPT). Insektisida digunakan sebagai cara untuk mengendalikan hama dan menyelamatkan tanaman. Untuk mengatasinya, diperlukan alternatif lain untuk menggunakan insektisida sintetis, dengan mempertimbangkan beberapa efek negatif lingkungan. Salah satu efek negatif lain dari insektisida sintetik adalah bahwa akan ada resistensi terhadap hama S. litura terhadap insektisida. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari potensi besar buah noni sebagai insektisida tanaman dalam pergerakan hama S. litura dan alat ukur terbaik dari insektisida nabati ini. Penelitian dilakukan di Laboratorium Tumbuhan, Departemen Budidaya Tanaman, Politeknik Negeri Lampung, pada Oktober 2018 hingga Desember 2018. Desain penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 ulangan. Bahan baku yang digunakan adalah buah noni matang. Insektisida nabati dibuat dari ekstrak buah mengkudu dalam mengendalikan hama S. litura dan konsentrasi terbaik terjadi pada P1 dengan konsentrasi ekstrak 100%.


Keywords


ekstrak mengkudu, ulatgrayak, insektisida nabati.

Full Text:

PDF

References


Heviyanti, Maria, Husni, and Alfian Rusdy. 2016. “Efektifitas Ekstrak Biji Mahoni (Swietenia Mahogani Jacq.) Terhadap Mortalitas Dan Rata-Rata Waktu Kematian Larva Plutella Xylostella Pada Tanaman Sawi.” Agrosamudra 3(1): 27–38.

Lestari, Sri, and Hery Ambarningrum, Trisnowati Budi Pratiknyo. 2013. “Tabel Hidup Spodoptera Litura Fabr. Dengan Pemberian Pakan Buatan Yang Berbedae.” Jurnal Sain Veteriner 31(2): 166–67.

Rusandi, Rio, M Mardhiansyah, and Tuti Arlita. 2016. “Pemanfaatan Ekstrak Biji Mahoni Sebagai Pestisida Nabati Untuk Mengendalikan Hama Ulatgrayak (Spodoptera Litura F.) Pada Pembibitan Acacia Crassicarpa A. Cunn. Ex Benth.” Jom Faperta UR 3(1): 1–7.

Septian, Rodhiyah Eka, Isnawati, and Evie Ratnasari. 2013. “Pengaruh Kombinasi Ekstrak Biji Mahoni Dan Batang Brotowali Terhadap Mortalitas Dan Aktivitas Makan Ulat Grayak Pada Tanaman Cabai Rawit.” LenteraBio 2(1): 107–12.

Thamrin, M, S Asikin, and M Willis. 2013. “Tumbuhan Kirinyu Chromolaena Odorata (L) (Asteraceae: Asterales) Sebagai Insektisida Nabati Untuk Mengendalikan Ulatgrayak Spodoptera Litura.” 32(3): 112–21.

Wiratno, Siswanto, and I.M. Trisawa. 2013. “Perkembangan Penelitian, Formalitas, Dan Pemanfaatan Pestisida Nabati Research Progress, Formulation, and Utilization of Botanical Pesticide.” 32(4): 150–55.




DOI: https://doi.org/10.24853/jat.4.2.95-101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of Jurnal AGROSAINS dan TEKNOLOGI (e-ISSN:2528-3278, p-ISSN:2528-0201).

   Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ