ANALISIS PERTUMBUHAN SEKTOR PERTANIAN DI KABUPATEN LANGKAT

Rizky Yunanda Sitepu, Rahmanta Rahmanta, Iskandarini Iskandarini

Abstract


Sektor pertanian merupakan sektor utama yang berperan penting pada perekonomian nasional dalam menyerap tenaga kerja, sumber pertumbuhan ekonomi, dan penyumbang devisa. Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan menjadi sektor utama yang memberikan sumbangan terbesar pada PDRB Kabupaten Langkat sebesar 39,57%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan sektor pertanian di Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Langkat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Langkat, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Langkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tenaga Kerja dan Pengeluaran Pemerintah di sektor pertanian di sektor pertanian berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB pertumbuhan sektor pertanian di Kabupaten Langkat, sedangkan luas areal lahan  pertanian berpengaruh negatif dan signifikan terhadap PDRB pertumbuhan sektor pertanian di Kabupaten Langkat.

Kata kunci: Pertumbuhan Sektor Pertanian, PDRB


Full Text:

PDF

References


Beatrice, 2016. Analisis Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Sektor Pertanian Di Provinsi Sumatera Utara. Artikel Mahasiswa 2016.

BPS Langkat. 2021. Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Langkat 2016- 2020.

BPS Sumatera Utara, 2021. Provinsi Sumatera Utara Dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistik Kota Medan.

Dumairy (2006). Perekonomian Indonesia. Jakarta : Erlangga.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Safira, 2018. Pengaruh PMDN, PMA, Tenaga Kerja Dan Luas Lahan Sektor Pertanian Terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sektor Pertanian Di Provinsi Aceh, Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, Vol 4 No.1.

Taufiq, 2016. Pengaruh Pengeluaran Pemerintah di Sektor Pertanian terhadap PDRB Sektor Pertanian di Wilayah Eks Karisidenan Besuki. Artikel Mahasiswa 2016.




DOI: https://doi.org/10.24853/jat.6.2.57-64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright of Jurnal AGROSAINS dan TEKNOLOGI (e-ISSN:2528-3278, p-ISSN:2528-0201).

   Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ