EFEKTIVITAS GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN PADA PT. JASA MARGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menganalisis sejauh mana efektivitas penerapan GCG di PT. Jasa Marga serta dampak ataupun manfaat GCG terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini mengevaluasi sejauh mana PT. Jasa Marga telah menerapkan prinsip-prinsip GCG dalam operasional dan manajemennya. Melalui metode analisis yang komprehensif, penelitian ini akan menggali bagaimana penerapan GCG mempengaruhi kinerja perusahaan di PT. Jasa Marga. Hasil penelitian menunjukkan adalah bahwa PT. Jasa Marga telah mengintegrasikan prinsip-prinsip GCG dalam manajemen kinerjanya, yang mencakup tujuan organisasi yang jelas, transparansi dalam perencanaan dan evaluasi prestasi kerja karyawan, dan pengembangan dan pelatihan yang berkelanjutan. Selain itu, penerapan model manajemen kinerja yang sesuai dengan teori menunjukkan komitmen PT. Jasa Marga untuk menerapkan prinsip-prinsip GCG. Oleh karena itu, pihak yang terlibat dalam manajemen kinerja PT Jasa Marga, terutama supervisor yang memiliki atasan dengan jabatan struktural, diberdayakan untuk menerapkan proses pembinaan yang transparan dan menetapkan target kerja yang jelas, yang akan menghasilkan lingkungan kerja yang profesional dan akuntabel, sesuai dengan prinsip GCG.
Kata Kunci: Good Corporate Governance, Kinerja, PT. Jasa MargaFull Text:
PDFReferences
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Analisis, L., Keuangan, L., Jasa, P. T., & Persero, M. (2023). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PT . JASA MARGA ( PERSERO ) TBK Disusun Oleh : May.
Bisnis, J. E. (2021). Penerapan prinsip Good Corporate Governance pada perusahaan. 15–16.
Budi gautama Siregar. (2021). Analisis Penerapan Good Corporate Governance Dalam Meningkatkan Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 5(1), 31–41. https://doi.org/10.33059/jensi.v5i1.3799
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Juliyana, H., Sutarjo, M., & Nurfallah, F. (2019). Strategi Komunikasi Bisnis Pt. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabnag Palikanci Kota Cirebon Dalam Penggunaan E-Toll Card Di Kota Cirebon. Jurnal Signal, 7(2), 208–222. https://doi.org/10.33603/signal.v7i2.2420
Lubis, E., & Susanto, H. (2019). Penerapan Good Corporate Governance Di Pasar Modal Sebagai Upaya Melindungi Investor. Jurnal Hukum dan Bisnis (Selisik), 5(1), 48–76. https://doi.org/10.35814/selisik.v5i1.1285
Natapermana, I. L. (2020). Pengaruh Implementasi Good Corporate Governance dan Strategi Bisnis terhadap Kinerja Perusahaan : Studi Kasus BUMN di Indonesia Tahun 2013-2018. 9(2), 153–172.
Tantra, A. R. (2021). The Application of Good Corporate Governance to Online Businesses Based on The Consumer’s Point of View. Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 2021. http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/jibaku
Widyarti, M. T. H., & Kurniawan, L. (2021). Penerapan Prinsip Good Corporate Governance Terhadap Program Corporate Social Responsibility Pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Jasa Marga Transjawa Tollroad Regional Division Representative Office 2 Semarang. Praxis, 3(2), 133. https://doi.org/10.24167/praxis.v3i2.3166
Refbacks
- There are currently no refbacks.