STRATEGI GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Eka Sumbulatim Miatu Habbah, Elvira Nathalia Husna, Yantoro Yantoro, Bradley Setiyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi guru dalam kelas yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan subjek penelitian adalah guru kelas III A SD Negeri No.85/VII Semaran sebanyak satu orang. Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara bersama guru kelas serta dianalisis dengan cara pengklasifikasian data, pengurangan data, penyajian dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan strategi pengelolaan kelas yang efektif dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pantulan dari pengoptimalan pengelolaan kelas yang efektif, adanya aspirasi dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, dan adanya lingkungan belajar yang kondusif. Penelitian memberikan kesimpulan bahwa motivasi belajar siswa dapat meningkat dengan strategi guru dalam pengelolaan kelas yang efektif.

Kata kunci : Strategi Guru; Pengelolaan Kelas; Efektif


Full Text:

PDF

References


Amalia Ratna Zakiah Wati, S. T. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, 46-57.

Andriani Safitri, D. W. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakteristik Siswa Indonesia, 7076-7086.

Annisaa Khusnul Khotimah, S. (2022). Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar, 4794-4801.

Erta, U. E. (2022). Strategi Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, 126-133.

Faizhal Chan, A. R. (2019). Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar, Volume 3, Number 4, pp. 439-446.

Halim Purnomo, M. L. (2020). Pengelolaan Kelas Belajar di Era 4.0, 112-119.

Hamzah B. Uno, N. L. (2016). In Tugas Guru dalam Pembelajaran: Aspek yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayatullah, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa, 1451-1459.

Isnanto, S. P. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas di Sekolah Dasar, 7-24.

Ludfi Arya Wardana, A. R. (2019). Pengembangan Model Ruang Kelas Berbasis Tematik di Sekolah Dasar, 125-134.

Maryati Salmiah, A. A. (2022). Konsep Dasar Pengelolaan Kelas dalam Tinjauan Psikologi Manajemen, 41-60.

Munawir, Y. F. (2022). Kinerja Guru Profesional Sekolah Dasar, 8-14.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar, 289-302.

Resti Aulia, U. T. (2018). Pengelolaan Kelas Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar, 149-157.

Sumar, W. T. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, 49-59.

Vera Septiana, S. W. (2021). The Role of Student Seating Layout in Managing ClassAtmosphere in Bunda Wacana Elementary School, 16-20.

Warsono, S. (2016). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Belajar Siswa, 469-476.

Yantoro. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas yang Efektif dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin, 586-592.




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.18-26

Refbacks



Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

  

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ