MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI WAKTU KELAS III MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.186-193Abstract
Pembelajaran yang konvensional membuat peserta didik tidak bersemangat dalam belajar,terlebih lagi pada saat mempelajari matematika. Hal ini tentu berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Pada penelitian ini peserta didik kelas III.B SD Negeri 112 Palembang yang terdiri dari 25 orang belum memahami materi waktu terkhusus menentukan waktu dan menghitung lama suatu kegiatan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi waktu dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaborasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Leraning dapat menigkatkan hasil belajar peserta didik pada materi waktu. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pra siklus dengan rata-rata 40 meningkat menjadi 70 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 80 pada siklus II. Serta ketuntasan pada pra siklus sebesar 36% meningkat menjadi 64% di siklus I dan meningkat kembali pada siklus II dengan ketuntasan 88%.References
Arifin. (2011). Evaluasi Pembelajaran dan
Pembelajaran Efektif. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Astuti, Pt Hesti Mardika., Gd Wira B., Ni Nym
A. (2021). Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based Learning
untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Peserta didik. Jurnal
Mimbar Ilmu. 26(2), 243-250.
Gunawan., Lilik K., Lilik Sri H. (2018). FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Hasil
Belajar Peserta didik. Jurnal Penelitian
dan Pendidikan IPS. 12(1), 14-22.
Margetson. (2011). Penerapan Model
Pembelajaran. Jakarta: Univet Bantam
Press Sukoharjo
Mayangsari. (2012). Evaluasi Hasil Belajar.
Malang: Madza Publishing.
Mulyani, Sumantri. (2014). Perkembangan
Peserta Didik. Tangerang Selatan:
Universitas Terbuka.
Raharja, Setya. (2005). Meningkatkan Mutu
Pembelajaran Melalui Penelitian
Tindakan Kelas. Jurnal Ilmiah Guru
“COPE”. 1(9), 19-26.
Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran.
Jakarta: Rajawali Pers
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses.
Pendidikan. Jakarta: Prenada.
Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Simbolon, Fransisco J., Sri Hastuti N., Pentatito
G. (2020). Pengaruh Pendekatan
Resource Based Learning (RBL)
Terhadap Pemahaman Konsep
Matematis Peserta didik. Jurnal
Pendidikan Matematika. 8(2), 76-88.
Sudjana, Nana. (1990). Penilaian Hasil ProsesBelajar Mengajar. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta
Susanto, Ahmad. (2015). Teori Belajar &
Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Jakarta: Prenada Media Group.
Suyono., Hariyanto. (2013). Belajar dan
Pembelajaran. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Uno, Hamzah B. dkk. (2014). Menjadi Peneliti
PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi
Aksara
W u l a n d a r i , E n i . , Y u l i a P . ( 2 0 1 9 ) .
Peningkatan Minat dan Hasil Belajar
pada Mata Pelajaran Matematika
Materi Satuan Waktu Melalui Model
Pembelajaran Berbasis Masalah
(Problem Based Learning) Siswa Kelas
III SD Islam Terapan Budi Mulyo
Sentolo Tahun Ajaran 2019/2020.
Jurnal Ilmiah Kependidikan. 8(2), 117-
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).