PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUNAS (LUDO NATURAL SCIENCE) PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR MAHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media ludo natural science pada materi hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem yang valid, praktis dan efektif untuk kelas V sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R&D (research and development), dengan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes dan dokumentasi, Penelitian ini menghasilkan media lunas (ludo natural science) berbentuk konkret Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kevalidan dengan menggunakan lembar angket validasi para ahli, analisis kepraktisan dengan menggunakan lembar angket respon peserta didik,dan analisis keefektifan menggunkan tes siswa. Adapun hasil data pengembangan media lunas (ludo natural science) pada materi hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem yang dilakukan peneliti yang telah dikembangkan yaitu hasil kevalidan memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,2% kategori sangat valid. Hasil kepraktisan angket respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,2% kategori “sangat praktis” dan hasil keefektifan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 86%. Berdasarkan hasil validasi, hasil kepraktisan dan hasil keefektifan disimpulkan bahwa media lunas (ludo natural science) ini layak digunakan dalam pembelajaran.
. Kata kunci: ADDIE, Efektif, Pembelajaran Tematik
Full Text:
PDFReferences
Ardhani, dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446
Ariani Nurlina. (2022). Buku bahan ajar dan pembelajaran (N.Rismawati (ed.)). WIDINA BHAKTI PERSADA. www.penerbitwidina.com
Dahlan, A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA LUDO MATH PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA BAGI PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR Alfiatun Nur Azizah dan Meita Fitrianawati Info Artikel Abstrak.
Farida, C., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1521
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Hikmah, N., Kuswidyanarko, A., & Lubis, P. H. M. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Siklus Air di Kelas V SD Negeri 04 Puding Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(2), 137–148.
Marmaini. (2020). PEMBELAJARAN IPA SD. Noerfikri Palembang. noefikri@gmail.com
Martina, Lubis P.H.M,N. (2021). Pengembangan LKPD berbasis HOTS Pada Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SD Negeri 91 Palembang Marnita,. 6(1), 103-109
Moh suardi. (2018). Belajar dan pembelajaran. CV BUDI UTAMA. www.penerbitandeepublish.com
Ningsih, E. W., Kuswidyanarko, A., & Lubis, P. H. M. (2022). Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 6 Nomor 4 Juli 2022 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DEVELOPMENT OF LOCAL WISDOM-BASED STUDENTS WORKSHEETS ON TEMPERATURE AND HEAT MATERIALS FOR STUDENTS AT CLASS V Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 6 Nomor 3 Mei 2022 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8881. 6(2019), 1166–1178.
Nur Aprilia, dkk. (2019). Pengembangan Media Ludo Raksasa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 107–113.
Nurmalia, L. (2022). Pengembangan Media Monopoli Pembelajaran IPA Materi “ Sumber Energi ” Pada Siswa Kelas IV SDN Margahayu VI. http://jurnal.umj.sc.id/index.php/semnaslit
Siti, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo untuk Meningkatkan Minat Belajar Fisika Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasi (JPSA), 4, 30–35. https://jurnal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPSA/index
Sugiono. (2019). Metode penelitian pendidikan (A. Nuryanto (ed.)). www.cvalfabeta.com
Susanto Rudy, Zulkarnain, A., & Patricia, L. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash Cs3 Profesional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Sma Pgri Pangkalan Kersik Tungkal Jaya.
Trimurjo, S. M. A. P. (2019). 1) , 2). 7(1), 50–59.Ardhani, dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446
Ariani Nurlina. (2022). Buku bahan ajar dan pembelajaran (N.Rismawati (ed.)). WIDINA BHAKTI PERSADA. www.penerbitwidina.com
Dahlan, A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA LUDO MATH PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA BAGI PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR Alfiatun Nur Azizah dan Meita Fitrianawati Info Artikel Abstrak.
Farida, C., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1521
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Hikmah, N., Kuswidyanarko, A., & Lubis, P. H. M. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Siklus Air di Kelas V SD Negeri 04 Puding Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(2), 137–148.
Marmaini. (2020). PEMBELAJARAN IPA SD. Noerfikri Palembang. noefikri@gmail.com
Martina, Lubis P. H. M, N. (2021). Pengembangan LKPD berbasis HOTS Pada Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SD Negeri 91 Palembang Marnita,. 6(1), 103–109.
Moh suardi. (2018). Belajar dan pembelajaran. CV BUDI UTAMA. www.penerbitandeepublish.com
Mufida lizumroti isma. (2022). Pengembangan Media Lubel dalam Pembelajaran Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Fabel Siswa Kelas VII. 2, 70–83.
Ningsih, E. W., Kuswidyanarko, A., & Lubis, P. H. M. (2022). Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 6 Nomor 4 Juli 2022 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DEVELOPMENT OF LOCAL WISDOM-BASED STUDENTS WORKSHEETS ON TEMPERATURE AND HEAT MATERIALS FOR STUDENTS AT CLASS V Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 6 Nomor 3 Mei 2022 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8881. 6(2019), 1166–1178.
Nur Aprilia, dkk. (2019). Pengembangan Media Ludo Raksasa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 107–113.
Siti, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo untuk Meningkatkan Minat Belajar Fisika Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasi (JPSA), 4, 30–35. https://jurnal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPSA/index
Sugiono. (2019). Metode penelitian pendidikan (A. Nuryanto (ed.)). www.cvalfabeta.com
Susanto Rudy, Zulkarnain, A., & Patricia, L. (2018). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA PGRI PANGKALAN KERSIK TUNGKAL JAYA.
Tobing, P. S., Si, M., Lubis, P., & Ph, D. (2021). MENINGKATKAN PENGETAHUAN KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP. 2(1), 22–26.
Trimurjo, S. M. A. P. (2019). 1) , 2). 7(1), 50–59.
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.194-203
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License