Analisis Kearifan Lokal Pada Permainan Tradisional Etnik Betawi Sebagai Penguatan Karakter Melalui Mata Pelajaran PLBJ
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.8.2.59-67Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai kearifan lokal pada permainan tradisional etnik Betawi sebagai penguatan karakter melalui mata pelajaran PLBJ Kelas IV SDN Pondok Kelapa 01. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun subjek penelitian ini adalah tokoh etnik Betawi, kepala sekolah, guru, dan peserta didik SDN Pondok Kelapa 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etnik Betawi memiliki berbagai permainan tradisional yang bersifat mendidik. Permainan tradisional etnik Betawi di antaranya adalah Kuda Bisik dan Cici Putri. Permainan tradisional etnik Betawi tersebut mengandung nilai-nilai karakter seperti kerja sama, kejujuran, sportivitas, tanggung jawab, dan persahabatan. Upaya penanaman nilai-nilai kearifan lokal melalui permainan tradisional tersebut dilakukan dengan cara mengintegrasikannya ke dalam mata pelajaran PLBJ yang merupakan mata pelajaran muatan lokal pada jenjang SD di seluruh wilayah Jakarta.References
Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan pendidikan karakter dengan model pembelajaran berbasis keterampilan abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1), 1046–1054.
Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Azhari, M. R., Mashuri, S., & Alhabsyi, F. (2022). Integrasi pendidikan agama islam dalam pemanfaatan teknologi di era society 5.0. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1(1), 212–217.
Fangidae, S. I., & Antika, E. R. (2023). Pengaruh Kualitas Persahabatan terhadap Kebahagiaan Siswa SMA. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 12(1), 79–94.
Hadyansah, D., Septiana, R. A., & Budiman, A. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Aksararaga, 3(1), 42–46.
Hariadi, H. (2017). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN OTENTIK ASPEK SIKAP SOSIAL DALAM PENDIDKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 16(1), 84–96. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JIK/article/view/6898
Hidayah, A. R., Hediyati, D., & Setianingsih, S. W. (2018). Penanaman nilai kejujuran melalui pendidikan karakter pada anak usia dini dengan teknik modeling. Kopen: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 109–114.
Insani, N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar dalam Upaya Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8937–8941.
Juniarsih, R. (2018). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share siswa sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 1(1), 1–13.
Lamuri, A. B., & Laki, R. (2022). Transformasi pendidikan dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkarakter di era disrupsi. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 21–30.
Mae, M., Fauziyyah, S., Yulistiani, Y., & Wulansuci, G. (2023). A PERMAINAN TRADISIONAL: IMPLEMENTASI KARAKTER CINTA TANAH AIR DI LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 9(2), 108–116.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. UI-Press.
Prasetya, Y., & Sarmini, S. (2023). Permainan Tradisional sebagai Sumber Nilai Karakter Bagi Anak di Kelurahan Simokerto Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 272–288.
Safitri, K. (2020). Pentingnya pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar dalam menghadapi era globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 264–271.
Saputra, F. A. (2024). NILAI-NILAI BUDAYA PADA MASYARAKAT BETAWI DILIHAT DARI MAKANAN KHAS TRADISONAL. Sajaratun: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 9(1), 94–109.
Subhan, M., & Fithroni, H. (2022). Efektivitas Modifikasi Dalam Permainan Tradisional Terhadap Kecanduan Gadget Pada Anak. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(3), 139–146. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/43433%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/43433/37518
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Gramedia.
Syifa, U. Z., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2022). Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 568–577.
Yin, R. K. (2019). Studi Kasus: Desain dan Metode. Rajawali Pers.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).