ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI NOLTING

Ameliya Salsabila Poetry, Nindy Citroresmi Prihatiningtyas, Evinna Cinda Hedriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk:(1)Mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan teori Nolting; (2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan teori Nolting. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini siswa kelas V SDN 02 Singkawang yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran berupa lembar tes soal cerita matematika dan pedoman wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi; kesalahan kecerobohan sbesar 25 % kesalahan ini siswa tidak dapat menuliskan kembali kompenen penting dalam soal, keslahan konsep 24,9% kesalahan ini siswa tidak dapat menentukan operasi hitung yang tepat untuk menyelesaikan masalah, kesalahan penerapan konsep 27,7% dimana siswa gagal melakukan perhitungan dengan operasi yang telah dipilih sebelumnya, dan kesalahan saat pengerjaan tes 25,2% siswa dalam pengerjaan soal tidak menuliskan Langkah-langkah pengerjaan yang sistematis dan tidak membuat kesimpulan diakhir pengerjaan soal. (2) faktor yang menjadi penyebab kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor inetranal meliputi ketelitian siswa tidak dapat menuliskan semua informasi atau komponen penting dalam soal dengan lengkap, kurang memahami soal  karena tidak senang dengan mata Pelajaran matematika dan gagal untuk menentukan operasi matematika yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan karena terburu-buru karena ingin menyaingi teman dan terburu-buru ingin bermain bersama teman.Faktor eksternal, yaitu siswa tidak mampu menyelesaikan soal karena tergantung dengan teman, dan kesehatan siswa saat mengerjakan soal.

. Kata kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita Matematika, Teori Nolting


Full Text:

PDF

References


Alwandita, H. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan pada Siswa Kelas VI Di Sekolah Dasar Kartika XVII-1 Pontianak Kota. Journal on Education, 6(3), 15957-15966.

Astri Asih, Dudung Priatna. (2017). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa SD. ANTOLOGI UPI, 5(1),

Darmawati, E., Irawan, E.B , &Chandra, T. D. (2017). Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Segi Empat Berdasarkan Teori Nolting. Jurnal Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang.

Dewi, Dara Kartika, Siti Sarah Khodijah, and Luvy Sylviana Zanthy. (2020). “Analisis Kesulitan Matematik Siswa SMP Pada Materi Statistika.” Jurnal Cendekia :Jurnal Pendidikan Matematika 4(1):1–7.doi: 10.31004/cendekia.v4i1.148

Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, (4(2)).

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766

Mufangati, Ulil .A., & Jurasa , Osa. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Soal Cerita matematika. Jurnal Triadik. 17 (2), 32-45.

Nawawi, H. (2019). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gajah Mada Universitas Press.

Nurjanatin, I., Sugondo, G., & Manurung, M. M. (2017). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi luas permukaan balok di kelas VIII–F semester II SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya, 2(1), 22-31.

Ramlah, dkk. (2018). “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Di Kelas VII SMPN Model Terpadu Madani”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 (2), .182-194.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Siregar, Dwina Purnamasari. (2018). “Anaisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman Di SMP Muhammadiyah 02 Medan. Jurnal Cendekia.. 2 (3)

Siswandi, Erlan, Imam Sujadi, and Riyadi. (2016). “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Pada Materi Segiempat Berdasarkan Analisis Newman Ditinjau Dari Perbedaan Gender.” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 4(7):633–43

Sukmawati, S., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal materi Segiempat Berdasarkan Teori Nolting. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. IKIP Siliwangi, 3(5), hlm. 423-432




DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.8.2.11-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:

 

  

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ