PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN MALEBER
DOI:
https://doi.org/10.24853/holistika.8.2.1-10Abstrak
Penting bagi siswa untuk belajar bagaimana berpikir kreatif di kelas. Namun belum adanya penggunaan metode pembelajaran yang efektif menjadi salah satu penyebab mengapa skill berpikir kreatif masih kategori renda di sekolah dasar saat ini. Karena brainstorming mendorong pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan produktif, maka brainstorming merupakan strategi pengganti untuk meningkatkan kapasitas berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini yaitu guna mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan brainstorming terhadap kapasitas berpikir kreatif siswa yang mengikuti kelas sains di SD Negeri Maleber khususnya kelas IV IPA. Pendekatan kuantitatif dengan analisis data uji Independent Sample T-test dan desain penelitian quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group dalam penelitiannya. 42 siswa kelas IV SD Negeri Maleber dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk dijadikan sampel penelitian ini. Uji Independent Sample T-test digunakan untuk menguji hasil tes essay terkait keterampilan berpikir kreatif. Ha diterima karena temuan pengujian membuktikan nilai signifikan (2-tailed) < 0,05. Dengan demikian, temuan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dipengaruhi oleh pendekatan pembelajaran brainstorming.Referensi
Afni, Z. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Emilia, Dharlinda Suri Damiri, Fi. P. (2021). Upaya Meningkatkan Kreativitas Belahar Siswa Melalui Teknik Brainstorming Dengan Pendekatan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling, 1–11.
Hasibuan, Annisa rohimah hasri, Aufa, Lola khairunnisa, W. arobiya siregar H. adha. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 1349–1358.
Hidayah. (2022). Pandangan Terhadap Problematika Rendahnya Mutu di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 6593–6601.
Labahi, P. A. (2019). Penerapan Metode “Brainstorming” Pada Diklat Masyarakat Budidaya Dan Pengolahan Aren Kabupaten Pangkep. Jurnal Ecosystem, 19(April), 1–9.
Lestari, P. A. (2019). Penerapan Teknik Pembelajaran Brainstorming Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.3 SMP Tri Bhakti Pekanbaru. 1–43.
Nurul Saadah Agustina, Babang Robandi, Ika Rosmiati, Y. M. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. SIBUKU MEDIA.
Purwanti, E., Darminto, B. P., Studi, P., Matematika, P., & Purworejo, U. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas VII E. 30–35.
Putri, L. E., Fitri, H., Aniswita, & Rusdi. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 5(2), 191–203.
Rahmi, M., & Amal, A. (2023). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas V UPT SPF SD Inpres Bontomanai. Jurnal On Education, 06(01), 800–808.
Sutiani, S. N. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Learning Management System Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. STKIP Muhammadiyah Kuningan.
Widana, W., & Muliani, P. lia. (2020). Uji Prasyarat Analisis (T. Fictorius (ed.)). Klik Media.
Wulandari, F. A., Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10–16.
Yohanes Enggar Harususilo. (2019). Skor PISA Terbaru Indonesia, Ini 5 PR Pendidikan Pada Era Nadiem Makarim.
[Online] tersedia: https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/04/13002801/skor-pisa-terbaru-indonesia-ini-5-pr-besar-pendidikan-pada-era-nadiem-makarim [04 Desember 2019]
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).