IMPLEMENTASI METODE MENDONGENG DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI SISWA SD
Abstract
ABSTRACT
The purpose of research to determine the impact of storytelling to develop the potential of students, especially the moral potential. In grade 3 elementary school students. This research uses qualitative method. Data obtained through observation, interview and documentation. The research location is located at SDN 1 Sangiangtanjung, kp. Balepunah Rangkasbitung Lebak-Banten. The results show that effective storytelling methods to develop the potential that students have especially the moral potential. Through this method students learn the norms without feeling taught or lectured, they are doctrinated about good morals without feeling indoctrinated. Through the fairy tale method also the child's right brain honed to develop creativity, imagination, imagination. By sharpening the child's moral potential from an early age, we are creating a nation-state that is juju, creative, independent and dignified for a better Indonesia.
Keywords: Fairy Tale, Potential
ABSTRAK
Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak mendongeng untuk mengembangkan potensi yang dimiliki siswa, khususnya potensi moral. Pada siswa SD kelas 3. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian terletak di SDN 1 Sangiangtanjung, kp. Balepunah Rangkasbitung Lebak-Banten. Hasil menunjukan bahwa metode mendongeng efektif untuk mengembangkan potensi yang siswa miliki khususnya potensi moral. Melalui metode ini siswa belajar norma-norma tanpa merasa diajari ataupun diceramahi, mereka didoktrin tentang moral yang baik tanpa merasa terdoktrin. Melalui metode dongeng pula otak kanan anak diasah untuk mengembangkan kreatifitas, imajinasi, daya khayal. Dengan mengasah potensi moral anak sejak dini, kita membentuk generasi bangsa yang juju, kreatif, mandiri dan bermartabat untuk Indonesia yang lebih baik.
Kata kunci: Dongeng, Potensi
Full Text:
PDFReferences
Edy. (2015). Ayah Edy Memetakan Potensi Unggul Anak. Jakarta Selatan. Mizan.
Fatimah, Enung. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung. CV Pustaka Setia.
Hendri. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.
Kurniawan, Heru. (2013). Keajaiban Mendongeng. Jakarta. Ilmu Populer.
Moleong, Lexy J. (2013). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Neoloka, Grace Amelia, dan Neoloka. (2017). Landasan Pendidikan. Depok. Prenadamedia
Pramono, Oktavia. (2015). Keajaiban Potensi Anak. Yogyakarta. In Aena Book.
Say, Ibnoe. (2016). Mari Mendongeng. Yogyakarta. Zoora Book.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Sutikno, M. Subry. (2014). Metode & Model Pembelajaran. Lombok. Holostica.
Zaskia sasha. (2016). Anak Hebat Berkat Hipno Dongeng. Yogyakarata. Laksana
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.2.2.130-139
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License