PENGARUH METODE BRAINSTRORMING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN BITUNG JAYA 1 CIKUPA
Abstract
ABSTRACT
The problem in the thesis in this study is whether there are differences in the results of mathematics learning about fractions between students who were given the Brainstorming learning method with students who were given conventional methods. This study aims to find out whether there are differences between Mathematics learning outcomes about fractions that use the Brainstorming method with student learning outcomes that use conventional methods in fifth grade students at SDN Bitung Jaya 1 Cikupa District Tangerang Regency. This type of research is quantitative research. Nonequivalent Control Group Design. Experimental research is research by experimenting with experimental groups. To each experimental group are subjected to certain treatments with conditions that can be controlled. Data as a result of the effect of treatment on the experimental group were measured quantitatively and then compared. This Nonequivalent Research Control Group Design can control all external variables that influence the course of the experiment. Thus the truth of the quality of the research results is maximized. The sample used in this study uses saturated samples. In this study VB class is an experimental class and VA class is a control class. The results of this study obtained a 0.05 degree of error, obtained t count (t0) that is 5.97 and d.b that is 77. In the above calculation, t table (tt) d.b 77 is known to be 0.05 error level is 1.658. By knowing t table (tt) the hypothesis 1.658 <5.97 can be compared that t count (t0) is greater than t table (tt) then the null hypothesis (Ho) is rejected, and accepts the alternative hypothesis (H1). Based on the results of these studies it can be concluded that the use of brainstorming methods can affect the results of mathematics learning about fractions in class V students of SDN Bitung Jaya 1 Tangerang Regency T.A. 2014/2015.
Keywords : Hasil Belajar Matematika, Metode Brainstorming
ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika tentang fraksi antara siswa yang diberi metode pembelajaran Brainstorming dengan siswa yang diberi metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar Matematika tentang fraksi yang menggunakan metode Brainstorming dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional pada siswa kelas V di SDN Bitung Jaya 1 Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Nonequivalent Control Group Design. Penelitian eksperimental adalah penelitian dengan bereksperimen dengan kelompok eksperimen. Untuk setiap kelompok eksperimen dikenakan perlakuan tertentu dengan kondisi yang dapat dikontrol. Data sebagai hasil dari efek pengobatan pada kelompok eksperimen diukur secara kuantitatif dan kemudian dibandingkan. Desain Grup Kontrol Penelitian Nonequivalent ini dapat mengontrol semua variabel eksternal yang memengaruhi jalannya eksperimen. Dengan demikian kebenaran kualitas hasil penelitian dimaksimalkan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Dalam penelitian ini kelas VB adalah kelas eksperimen dan kelas VA adalah kelas kontrol. Hasil penelitian ini diperoleh tingkat kesalahan 0,05, diperoleh t hitung (t0) yaitu 5,97 dan d.b yaitu 77. Dalam perhitungan di atas, t tabel (tt) d.b 77 diketahui tingkat kesalahan 0,05 adalah 1,658. Dengan mengetahui t tabel (tt) maka hipotesis 1,658 <5,97 dapat dibandingkan bahwa t hitung (t0) lebih besar dari t tabel (tt) maka hipotesis nol (Ho) ditolak, dan menerima hipotesis alternatif (H1). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode brainstorming dapat mempengaruhi hasil belajar matematika tentang fraksi pada siswa kelas V SDN Bitung Jaya 1 Kabupaten T.A. 2014/2015.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Metode Brainstorming
Full Text:
PDFReferences
Anitah, W., Manoy & Susanah. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.
Arikunto, S (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Arikunto. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Dananjaya. (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung : Nuansa.
Djamarah & Zain, (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Heruman. (2010). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Muhaimin, Suti’ah & Prabowo. (2010). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Muhibbinsyah. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Mulyana. (2008). Model Tukar Pelajar (LEARNING EXCHANGE) dalam Perspektif Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Bandung : Alfabeta.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Salkind. (2009). Teori-teoriPerkembangan Manusia. Bandung : Nusa Media.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Sudjana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supardi. (2012). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Buku Statistika Yang Paling Kompherensif. Jakarta : Ufuk Press.
Suprijono. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Suryabrata, B.A. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Susanto. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.
Sutikno. (2014). Metode & Model-model Pembelajaran. Lombok : Holistica.
DOI: https://doi.org/10.24853/holistika.2.2.108-113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Indexing By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License