https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/issue/feedJurnal Holistika2025-06-20T02:25:46+00:00Apri Utami Parta Santiapri.santi@umj.ac.idOpen Journal Systems<p><strong style="font-size: 16px; text-align: justify;">Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD</strong><span style="font-size: 16px; text-align: justify;"> Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta sejak 2017 (versi cetak), dan mulai dionlinekan pada tahun 2018.</span></p><table border="1" cellpadding="0"><tbody><tr><td valign="top"><ul><li><a title="p-ISSN" href="http://u.lipi.go.id/1489459926" target="_blank"><strong><em>p-ISSN: 2579-6151</em></strong></a> (print)</li><li><strong><em><a title="e-ISSN" href="http://u.lipi.go.id/1508817672" target="_blank">e-ISSN:2614-8242</a> </em></strong><em>(online)</em></li><li><strong>TERAKREDITASI</strong> (<a title="Ministry of Research Technology and Higher Education" href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/detail?id=5929" target="_blank">SINTA 4</a>): <strong><em><a title="Certificate" href="http://arjuna.ristekdikti.go.id/files/info/fea37d5e83ce411021c096e1f60f7dd23a6b648e.pdf">B/4130/E5/E5.2.1/2019</a></em></strong></li></ul></td></tr></tbody></table><p style="font-size: 16px; text-align: justify;">Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta mengundang para dosen, peneliti, pengkaji, praktisi, pemerhati pendidikan, serta mahasiswa S1/S2/S3, untuk mengirimkan paper atau artikel ilmiahnya. Paper yang masuk akan di-review secara peer-review. Setelah proses review selesai, hasil review akan diinformasikan kepada penulis paper melalui sistem Open Journal System (OJS). Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD terbit 2 kali dalam setahun. Secara berkala Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD terbit setiap bulan Mei dan November.</p><p style="font-size: 16px; text-align: justify;">Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD terindeks di: Google Scholar dan Garuda</p>https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/26906PENGARUH DUOLINGO TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELAS 52025-05-13T03:08:01+00:00Salma Putri Rahayusalmarahayu21213@gmail.comAgus Jatmikoagusjatmiko@radenintan.ac.idMuhammad Muchsin Afriadimuchsinafriyadi@radenintan.ac.id<p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>The researcher’s interest in this study began with observations regarding students' difficulties in remembering English vocabulary. This study aims to analyze the impact of using Duolingo on English vocabulary mastery and the role of the Duolingo application in vocabulary acquisition among fifth-grade students at MIN 1 Bandar Lampung. The originality of this study is found in the application of the Duolingo app for mastering vocabulary. This research employs a quantitative approach using a quasi-experimental design. The chosen design for this study is the Post-Test Only Control Group Design. The findings reveal that the average pretest scores of students were 50 for class A and 43 for class C before the intervention. Following the treatment, the posttest scores rose to an average of 86 for class A and 83 for class C. Based on these results, it can be concluded that all students in classes A and C effectively mastered English vocabulary. Therefore, the Duolingo application has been proven to be highly effective in English language learning, especially in vocabulary acquisition.<br>Keywords: Duolingo, English, Vocabulary. </em></p> <p><strong><em>ABS</em></strong><strong><em>TRAK</em></strong></p> <p>Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini berdasarkan observasi terhadap kesulitan siswa dalam mengingat kosakata bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi Duolingo terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris dan peran aplikasi tersebut dalam meningkatkan kemampuan kosakata siswa kelas V di MIN 1 Bandar Lampung. Fokus utama penelitian ini terletak pada penggunaan aplikasi Duolingo sebagai alat untuk memperbaiki penguasaan kosakata. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen, khususnya Post-Test Only Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes sebelum perlakuan adalah 50 untuk kelas A dan 43 untuk kelas C, sedangkan setelah perlakuan, nilai rata-rata posttes meningkat menjadi 86 untuk kelas A dan 83 untuk kelas C. Berdasarkan uji tersebut, dapat disimpulkan bahwa semua siswa di kelas A dan C berhasil menguasai kosakata bahasa Inggris. Dengan demikian, aplikasi Duolingo terbukti efektif dalam membantu siswa menguasai kosakata bahasa Inggris.</p> <p><strong><em>Kata</em></strong> <strong><em>kunci</em></strong><em>: Duolingo, Bahasa Inggris, KosaKata</em></p> <p> </p>2025-06-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Holistikahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/26287Pengaruh Media Next Level Card dalam Pembelajaran Kolaboratif terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Literal Siswa SD2025-03-20T02:23:19+00:00Nisa Sifatul Aulianisasifatulaulia20@gmail.comIra Eko Retnosariira@unipasby.ac.id<div class="WordSection1"><p align="center"><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p><p><em>The ability to understand literal reading is a crucial foundation in Indonesian language learning at the elementary school level. However, initial observations at SDN Babatan 1 No. 456 showed that out of 56 students participating in reading activities, 39 students struggled to convey the message from the given texts. This study aimed to describe the effect of using Next Level Card (NLC) media in collaborative learning on students' literal reading comprehension skills in grade IV.</em> <em>This study uses a quantitative method with a non-equivalent control group design type of quasi-experimental design</em>.<em> The study population consisted of grade IV students from SDN Babatan 1 No. 456, with a sample of 24 students divided into experimental and control groups. Data were collected through essay tests conducted before and after the treatment. </em><em>This study shows that using NLC media in collaborative learning significantly affects fourth-grade students' literal reading comprehension. The hypothesis test results indicate a sig value of 0.000 (<0.05), meaning H0 is rejected and H1 is accepted. The experimental class's average score increased by 16.33, higher than the control class's 6.5 increase. These results confirm that NLC media is an innovative alternative to improving students' reading comprehension</em></p><p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: </em><em>Question Cards, Collaborative Learning, Literal Reading Comprehension</em></p><p align="center"><strong><em>ABSTRAK</em></strong></p><p><em>Kemampuan membaca pemahaman literal adalah dasar penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar. Namun, hasil observasi awal siswa kelas IV SDN Babatan 1 No 456 menunjukkan bahwa dari 56 siswa yang mengikuti kegiatan membaca, sebanyak 39 siswa tidak mampu menyampaikan pesan dari bacaan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media Next Level Card (NLC) dalam pembelajaran kolaboratif terhadap kemampuan membaca pemahaman literal siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-experimental </em><em>jenis non-equivalon control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN Babatan 1 No. 456, dengan sampel sebanyak </em><em>24 siswa </em><em>yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes uraian yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media NLC dalam pembelajaran kolaboratif memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman literal siswa kelas IV. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis pre-test post-test kelas eksperimen menunjukkan nilai sig sebesar 0,000 (<0,05) sehingga H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1</sub> diterima. Selain itu, hasil tersebut diperkuat oleh nilai rata-rata pre-test ke post-test kelas eksperimen mengalami kenaikan sebesar 16,33 lebih tinggi dibandingkan kenaikan kelas kontrol yang hanya naik sebesar 6,5. Dengan demikian, dapat disimpulkan media NLC terbukti dapat menjadi alternatif inovatif dalam mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman literal siswa kelas IV sekolah dasar.</em></p></div><p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Kartu Soal, Pembelajaran Kolaboratif, Membaca Pemahaman Literal</em></p>2025-06-02T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Holistikahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/24953IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VA SDN KALIDERES 14 PETANG2025-02-26T14:27:00+00:00Nur Rahma Fadilahnurrahmafadilah@gmail.comAhmad Syachrurojiahmadsyachruroji@untirta.ac.idNana Hendraciptananahendracipta@untirta.ac.id<p><em>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kreatif dimiliki oleh setiap orang yang dapat ditemukenali dan dikembangkan melalui pendidikan yang tepat, satunya dengan program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berdimensi kreatif. Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran realita mengenai implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas VA SDN Kalideres 14 PT Jakarta Barat dengan pembahasan, yaitu perencanaan, proses pelaksanaan, dan hasil implementasinya. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verfifikasi data. Hasil dalam perencanaan SDN Kalideres 14 PT Jakarta Barat belum maksimal dalam merencanakan projek karena tidak memiliki tim fasilitator khusus Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dimensi kreatif di Kelas VA dengan aktivitas kegiatan melalui pembuatan permainan tradisional, pamflet berbasis aplikasi Canva, dan drama musikal permainan tradisional. Dalam proses yang diterapkan oleh guru kelas VA, sudah mampu menjalankan proses implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk membentuk keterampilan berpikir kreatif peserta didik, dan kegiatannya dapat menstimulus dan mengembangkan keterampilan berpikir kreatif, serta peserta didik sudah menunjukkan keterampilan berpikir kreatif saat proses Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Walau terdapat beberapa hambatan dari kurangnya alokasi waktu karena banyak libur nasional, dan karakteristik peserta didik yang berbeda-beda. </em></p>2025-06-02T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Holistikahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/27427PENGEMBANGAN FLASH CARD KOSAKATA BAHASA JAWA BANTEN BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN SERANG 212025-06-20T02:25:46+00:00Alma Maulida2227200116@untirta.ac.idRina Yulianarinayuliana@untirta.ac.idSigit Setiawansigitwan@untirta.ac.id<p>Media pembelajaran merupakan salah satu elemen dalam proses pembelajaran. kurangnya penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Jawa Banten menimbulkan kurangnya pemahaman yang dialami peserta didik pada materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flash card kosakata pada muatan lokal Bahasa Jawa Banten bagi peserta didik kelas IV, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan, dan untuk mengetahui respons peserta didik terhadap media pembelajaran flash card kosakata bahasa Jawa Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi 5 tahapan, yaitu: Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Validasi ahli dilakukan oleh ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi, dengan subjek penelitian yaitu kelas IV SDN Serang 21 yang berjumlah 25 peserta didik. Pengambilan data diperoleh dengan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah (1) didapatkan tingkat kelayakan media pembelajaran dari segi desain memperoleh skor 86% yang dapat dikategorikan “sangat layak” (2) tingkat kelayakan media pembelajaran dari segi materi memperoleh skor 91% yang dapat dikategorikan “sangat layak” (3) tingkat kelayakan media pembelajaran dari segi bahasa memperoleh skor 91,9% yang dapat dikategorikan “sangat layak” (4) skor rata-rata respons peserta didik memperoleh skor 90,15% yang dapat dikategorikan “sangat baik” sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flash card kosakata bahasa Jawa Banten layak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa Banten.<br>Kata kunci: Flash Card, Bahasa Jawa Banten, Kosakata</p>2025-06-20T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Holistikahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/26702The Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman di Sdn 2 Tulakan2025-05-08T06:33:38+00:00Alyn Rofiatul Himami211330000823@unisnu.ac.idDwiana Asih Wirantiwiranti@unisnu.ac.idMuhammad Misbahul Munirmisbahulmunir@unisnu.ac.id<p align="center"><strong><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">ABSTRAK</span></span></span></span></em></strong></p><p><strong><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Membaca pemahaman merupakan salah satu keterampilan yang saat ini perlu dikuasai oleh setiap siswa. Masalah yang dihadapi oleh siswa kelas IV di SDN 2 Tulakan Jepara adalah kurangnya kemampuan dalam pemahaman membaca, bukti nyata dari hal tersebut adalah mereka masih memiliki tingkat pemahaman bacaan yang rendah serta kesulitan dalam memahami dan menyerap informasi dan hal-hal tersebut perlu. Kesulitan dalam memahami bacaan juga tercermin dari kelemahan mereka dalam menguasai kecepatan membaca dan mengidentifikasi kata, sehingga kemampuan pemahaman membaca mereka kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keefektifan model CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen One Group Pretest and Posttest Design. Objek penelitian kali ini adalah siswa kelas IV. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan SPSS 23. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan t-hitung sebesar 18,851 lebih besar dari t-tabel sebesar 2,048. Hal tersebut menunjukkan bahwa model CIRC memiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan membaca dan pemahaman siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang kuat antara keefektifan model CIRC dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 2 Tulakan Jepara, dan terbukti keefektifannya.</span></span></span></span></em></strong></p><p><strong><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Kata Kunci</span></span></span></span></em></strong><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> : </span></span></span></span></em><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pemahaman Membaca, Model CIRC, </span></span></span></span></em><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Efektivitas Model CIRC</span></span></span></span></em><em></em></p><p align="center"><strong><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">ABS </span></span></span></span></em></strong><strong><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">TRAK</span></span></span></span></em></strong></p><p><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Membaca pemahaman merupakan salah satu kecakapan yang perlu dikuasai setiap peserta didik sekarang. Permasalahan yang dihadapi peserta didik kelas IV di SDN 2 Tulakan Jepara adalah kurangnya kemampuan dalam membaca pemahaman, bukti nyata dari hal ini masih rendahnya mereka dalam memahami sebuah bacaan dan kesulitan dalam memahami serta menyerap sebuah informasi dan perlunya. Kesulitan dalam memahami bacaan juga tercermin dari lemahnya mereka dalam menguasai kecepatan membaca dan mengidentifikasi kata, sehingga kemampuan dalam membaca pemahamannya kurang baik. </span></span></span></span></em><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini bertujuan supaya dapat mengetahui adanya pengaruh efektivitas model CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis eksperimen One Group Pretest and Posttest Design. Objek dalam kali ini peserta didik kelas IV. Data yang dianalisis menggunakan uji-t dengan SPSS 23. Hasil penelitian menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test, dengan nilai signifikansi </span></span></span></span></em><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">0,000 dan t-hitung </span></span></span></span></em><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">18,851 </span></span></span></span></em><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">, yang lebih besar t-tabel 2,048. Menunjukkan model CIRC memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan peserta didik dalam pemahaman membaca. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara efektivitas model CIRC dengan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Tulakan Jepara, dan terbukti efektif</span></span></span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> .</span></span></span></span><strong><em></em></strong></p><p><strong><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Kata </span></span></span></span></em></strong><span style="vertical-align: inherit;"><strong><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">kunci</span></span></span></em></strong><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> : </span></span></span></em><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Membaca Pemahaman, Model CIRC, Efektifitas Model CIRC</span></span></span></em></span><strong><em> </em></strong><strong><em></em></strong><em></em><em></em></p>2025-06-02T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Holistikahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/26112PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PENDEK MELALUI INTEGRASI PERMAINAN UNO STACKO DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR2025-02-13T06:23:14+00:00Anida Nur Nasutionanidann028@ummi.ac.idIis Nurasiahiisnurasiah@ummi.ac.idAstri Sutisnawatiastri212@ummi.ac.id<p><em>Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan menyimak siswa yang masih kurang. Kemampuan menyimak yang kurang ini disebabkan karena pembelajaran yang kurang menarik untuk mengembangkan kemampuan menyimak. Kemampuan menyimak menjadi hal yang penting untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada siswa dengan integrasi permainan uno stacko dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Peneitian melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Babakan Ranji dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menyimak siswa meningkat karena integrasi permainan uno stacko dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan kondisi pra siklus hanya 26,92% dari 26 siswa. Pada siklus I meningkat siswa tuntas meningkat menjadi 46,15% dan pada siklus II meningkat signifikan menjadi 93,21%. Hasil tersebut menunjukan bahwa integrasi permainan uno stacko dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa di sekolah dasar.</em></p>2025-06-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Holistika