HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA CEMPAKA PUTIH

Nada Syaida Muhayyah, Naryati Naryati

Abstract


Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Menurut Stuart dan Laraia dalam (Suryani, 2015), komunikasi dalam profesi keperawatan, menjadi sangat penting karena merupakan alat atau metode dalam melaksanakan proses keperawatan. Komunikasi terapeutik diterapkan oleh perawat dalam berhubungan dengan pasien untuk meningkatkan rasa saling percaya, dan apabila tidak diterapkan akan menganggu hubungan terapeutik yang berdampak pada ketidakpuasan pasien. Tujuan penelitian ini diketahui hubungan komunikasi terapeutik terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih. Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 53 pasien. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan cara mendatangi langsung pasien diruang perawatan. Analisa data dilakukan menggunakan uji statistik Spearman. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik terhadap kepuasan pasien (ρ value= 0,020). Diharapkan pada petugas kesehatan khususnya perawat untuk meningkatkan komunikasi secara terapeutik sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien.

Kata kunci: Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Pasien.


Full Text:

PDF

References


Annita, Istichomah. (2013). Komunikasi Terapeutik Panduan Bagi Perawat. Yogyakarta: Fitramaya

Ayun reni astutik.(2018). Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien (Studi di Ruang Melati RSUD Bangil)Skripsi.Jombang: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika.repo.stikesicme-jbg.ac.id (dikases pada 24 Maret 2020)

Dosen Pendidikan.(2020). Pengertian Kepuasan Pasien,Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien di https://www.dosenpendidikan.co.id/kepua san-pasien (diakses 23 Maret 2020)

Dr. Ah. Yusuf,S.Kp.,M.Kes. (2017). Komunikasi Terapeutik dalam Asuhan Keperawatan. Surabaya : Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Airlangga.

Devi Nadyantika. (2018). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Wates.Naskah Publikasi.digilib.unisayogya.ac.id (diakses pada 06 Maret 2020)

Esther Lontoh & Dawanaka.(2017). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Interna RSUP Ratatotok Buyat.Journal Of Community & Emergency.Volume 5 Nomor 1.ejournal.unpi.ac.id (diakses pada 06 Maret 2020)

Khairul Anwar.(2017). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap PKU Muhammadiah Bantul.Skripsi.Yogyakarta:Stikes Jenderal Achmad Yani.respository.unjaya.ac.id (diakses pada 4 April 2020)

Lilis Kamilah.(2016). Hubungan Kemampuan Komunikasi Terapeutik Dan Lingkungan Dengan Kepuasan Pasien Di Irna A RS Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto Jakarta Tahun 2016..Skripsi.

Merryani, dkk. (2014). Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Interna RSUD

Noongan. Jurnal. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado.

Muninjaya. (2013). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC

Nilaika, Nindia. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Inap di RSUD Sukoharjo. Surakarta: perpustakaan uns. Skripsi

Notoatmodjo, S (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Asdi Mahasatya

Nunung.(2010). Ilmu Komunikasi dalam Konteks Keperawatan untuk Mahasiswa Keperawatan/Ners Edisi 1. Jakarta: Cv.Trans Info Media

Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Medika.

Purwaningsih, dan Karlina. (2012). Asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Nuha Medika.

Reza, dkk. (2018). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis. Ciamis: Universitas Galuh. Respository.unigal.ac.id (diakses pada 24 Maret 2020)

Robbin,S.P.(2013).Perilaku Organisasi. Klaten : Pt.

Index Kelompok Gramedia

Sangadji, dan Sopiah, 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Ardi

Sayeda Noor, dkk. (2019). Quality of Nurse Patient Therapeutic Communication and Overall Patient Satisfaction during their Hospitalization Stay. European Academic Research. Vol. VII. www.euacademic.org (diakses pada 21 April 2020)

Sujarweni, V Wiratna.(2014). Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta: Gava Media

Suryani.(2014). Komunikasi Terapeutik Teori & Praktik Edisi 2. Jakarta: EGC

Triani Purwasari. (2015). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang. Skripsi. Malang: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang. eprints.umm.ac.id (diakses pada 4 April 2020)

Wijono, D. (2010). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jilid I, Edisi I: Airlangga Universitas Press Surabaya

Yasir Haskas. (2018). Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap Interna RSUD Kota Makassar. Jurnal Kesehatan Ilmiah Diagnosis. Volume 12 Nomer15. www.ejournal.stikesnh.ac.id (diakses pada 06 Maret 2020)

Zan Pieter, Herri. (2017). Dasar-dasar Komunikasi Bagi Perawat. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.24853/ijnsp.v3i2.85-90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ