Bermain Game Online melalui Media Smartphone dan Motivasi Belajar pada Siswa SMP di Jakarta

Reynatha Mourina, Wanda Natasha, Dedi Muhdiana

Abstract


Latar Belakang. Game online adalah permainan yang tersedia melalui sinyal atau saluran atau koneksi yang menggunakan terhubung dengan jaringan internet. Sinyal yang dimaksud adalah saluran yang menghubungkan satu server dengan server lainnya. Motivasi belajar keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar dapat tercapai.

Objektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan bermain game online melalui smartphone dengan motivasi belajar pada siswa sekolah menengah pertama di Jakarta Utara.

Metode. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sebanyak 106 responden di Jakarta Utara dipilih menggunakan metode random sampling dengan stratifikasi berdasarkan siswa sekolah menengah pertama. 

Hasil. Hasil penelitian menggunakan analisis statistik Chi-square antara hubungan bermain game online dengan smartphone dengan motivasi belajar. Diperoleh bahwa lebih banyak siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan siswa yang tidak sering bermain game (p 0,001). 

Implikasi Klinis. Studi ini menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bermain game online dengan motivasi belajar pada siswa sekolah menengah pertama di wilayah Jakarta utara.

Kata Kunci. Game online, Motivasi belajar



Full Text:

PDF

References


Akmarina, Yeny Nabila. (2016). Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Efektifitas Berkomunikasi Dalam Keluarga di Kelurahan Swarga Bara Kota Sangatta Kab.Kutai Timur. E-Jurnal Ilmu komunikasi: 4 (1) 189-199

Hidayat, A. Aziz Alimul. (2017). Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika Dimyati & Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Kiraly, O., Nagygyorgy, K., Griffiths, M. D., & Demetrovics, Z. (2014). Problematic online gaming. In K. P. Rosenberg & L. C. Feder (Eds.), Behavioral addictions: Criteria, evidence and treatment (pp. 61-97). London, Inggris: Academic Press.

Kurniawan, Drajat Edy. (2017). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Konseling Gusjigang (3) (1). Universitas PGRI Yogyakarta.

Masya, H & Candra, D. A. (2016). Faktor-Faktor yang Memperngaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online Pada Peserta Didik Kelas X di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 3. No. 1

Mustikaningrum, A (2017). Pengaruh perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMA Kristen 1 Salatiga Tahun Ajaran 2017/2017.

Rini, A. 2011. Menanggulangi Kecanduan Game Online Pada Anak. Jakarta: Pustaka Mina.




DOI: https://doi.org/10.24853/ijnsp.v5i1.31-34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ