Karakteristik Tingkat Kecemasan dan Depresi pada Lansia dengan Hipertensi di Puskesmas Kota Gajah Lampung Tengah

Mardhatila Mardhatila, Ananda Rahayu, Nuraenah Nuraenah

Abstract


Latar Belakang. Bertambahnya jumlah lanjut usia (lansia) di Indonesia setiap tahunnya pasti akan menimbulkan suatu permasalahan yang akan terjadi pada diri lansia seperti fungsi organ tubuh meliputi otak, hati, jantung, ginjal, serta jaringan aktif dalam otot-otot tubuh akan melemah. Karena gangguan-gangguan tersebut bisa berdampak pada fisiologis yang mana pada diri lansia mulai timbul berbagai macam penyakit salah satunya yaitu hipertensi dan masalah mental seperti kecemasan hingga berujung pada depresi.

Objektif. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana karakteristik tingkat kecemasan pada lansia dengan hipertensi di Puskesmas Kota Gajah Lampung Tengah.

Metode. Desain penelitian yang digunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional dengan pengambilan sampel probability sampling teknik random sampling dengan jumlah responden sebanyak orang. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi Square.

Hasil. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebanyakan dari lansia pada penelitian ini tidak mengalami kecemasan 18 orang (40%) sedangkan lansia yang mengalami kecemasan berat hanya ada sebanyak 5 orang (8,9%). Sedangkan untuk tingkat depresinya didapatkan hasil bahwa jumlah lansia tidak depresi 28 orang (62,2%) lebih banyak dibandingkan dengan lansia yang depresi hanya terdiri dari 5 orang (11,1%).

Implikasi Klinis. Data dari penelitian ini juga memiliki peranan penting sebagai data dasar penelitian selanjutnya terkait tingkat kecemasan dan depresi pada lansia dengan hipertensi.

Kata Kunci. Kecemasan, Depresi, Lansia dengan hipertensi


Full Text:

PDF

References


Atkinson, R. L., & Atkinson, R. C. (2009). Pengantar Psikologi (Edisi 8). Jakarta: Erlangga.

Azizah, L. M. (2011). Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Badan Pusat Statistik. (2018). Statistik penduduk lansia. Diakses pada tanggal 20-10-2019, jam 12.25 WIB.

Dian, B. (2017). Hubungan kecemasan dengan kejadian hipertensi pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Puspakarma Mataram (Skripsi). Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Epifania, A. (2018). Gambaran tingkat kecemasan pada lansia dengan hipertensi di Puskesmas Nita.

Hawari, D. (2011). Manajemen Stres, Cemas, dan Depresi. Jakarta: FKUI.

Kristiani. (2018). Gambaran kecemasan pada lansia pada lanjut usia (lansia) hipertensi di Posbindu "Sumber Sehat" di Desa Kangkung (Skripsi). Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang.

Laki, O. K., Widodo, D., & Rahayu, W. H. (2018). Hubungan hipertensi dengan tingkat kecemasan pada lansia di Posyandu Lansia Desa Banjarejo Kecamatan Ngantang Malang. Nursing News, 3(1).

Lubis, N. L. (2009). Depresi: Tinjauan Psikologis. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lumi, F., Terok, M., & Budiman, F. (2018). Hubungan derajat penyakit hipertensi dengan tingkat kecemasan pada kelompok lanjut usia di wilayah kerja Puskesmas Kahakitang Kecamatan Tatoareng. Vol 13, No 2.

Maryam, S., & Kurniawan, A. (2008). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan orang tua terkait hospitalisasi anak usia toddler di BRSD RAA Soewondo Pati. FIKkes Jurnal Keperawatan, 1(2), 38-56.

Maryam, S., Ekasari, M. F., & Rosidawati. (2012). Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.

Miller, C. (2012). Factors affecting blood pressure and heart rate. Diakses dari http://www.livestrong.com/article/196479- factor-affecting-blood-pressure-heart- rate/ pada tanggal 20 November 2019.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurarif, A. H., & Kusuma, H. (2013). Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis & NANDA NIC NOC (Jilid 2). Jakarta: EGC.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development: Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.

Prabhaswari, N. L. P. A. (2015). Gambaran kejadian depresi pada lanjut usia di wilayah kerja Puskesmas Petang I Kabupaten Badung Bali. Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, 7.

Sari, K. (2012). Gambaran tingkat depresi pada lanjut usia (lansia) di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 01 dan 03 Jakarta Timur (Skripsi). Fakultas Ilmu Keperawatan, Program Studi Ilmu Keperawatan, Depok.

Setiawan, A. B. (2017). Hubungan antara tingkat stres dan kecemasan dengan kejadian hipertensi pada lansia di Klinik Islamic Center Samarinda. Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(1), Juni 2017.

Stewart Truswell, A. (2014). Buku Ajar Ilmu Gizi. Jakarta: EGC.

Stuart, G. W. (2009). Buku Saku Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Sunaryo. (2014). Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Townsend, M. (2011). Essentials of Psychiatric Mental Health Nursing (Edisi kelima). Nursing: Robert G. Martone.

Videbeck, S. L. (2008). Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Widianingrum, S., & Rachma, N. (2017). Gambaran umum karakteristik lansia dengan depresi di panti wilayah Kota Semarang.

World Health Organization (WHO). (2013). A Global Brief On Hypertension: Silent Killer, Health Crisis. Diakses dari https://www.who.int.




DOI: https://doi.org/10.24853/ijnsp.v5i1.17-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ