Hubungan Pengetahuan dengan Sikap Perempuan Menghadapi Premenopause di RS Jakarta Pusat

Winda Febrianti, Sabrina Azzahra, Irna Nursanti

Abstract


Latar Belakang. Premenopause adalah masa transisi antara masa produktif dan masa senium. Biasa terjadi pada usia 40-55 tahun pada perempuan. Perubahan yang terjadi pada masa premenopause seperti perubahan pola perdarahan, hot flushes, gangguan tidur, perubahan psikologi, perubahan berat badan, kulit, dan pola seksualitas. Berbagai perubahan tersebut apabila tidak diikuti dengan pemahaman atau kognisi yang baik akan menimbulkan sikap yang positif untuk menghadapi perubahan tersebut.

Objektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Perempuan Menghadapi Premenopause di RS Jakarta Pusat

Metode. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-korelasi dengan pendekatan cross-sectional dimana sebanyak 100 responden yang kemudian di sortir menjadi 80 sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar kuesioner. Pengambilan data diambil pada september 2022-Januari 2023 dengan menggunakan instrumen berupa lembar kuisioner demografi , kuisioner pengetahuan dan kuisioner survey sikap wanita menopouse.

Hasil. Hasil penelitian menggunakan analisis statistic Chi-Square diperoleh bahwa ada hubungan yang signifikan pengetahuan dengan sikap perempuan menghadapi premenopause dengan p-value 0,013 (<0,05). 

Implikasi Klinis. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi lebih dalam hubungan antara pengetahuan dan sikap terhadap premenopause, serta untuk mengembangkan intervensi yang lebih efektif. Penelitian juga harus mencakup populasi yang lebih luas untuk memastikan bahwa temuan ini berlaku secara umum.

Kata kunci: pengetahuan, sikap perempuan, premenopause


Full Text:

PDF

References


A.P.Ariyani. (2014). Aplikasi Metodologi Penelitian Kebidanan Dan Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Nuha Medika.

Afriani, R., & Fatmawati, T. (2020). Pengetahuan Dan Sikap Wanita Premenopause Dalam Menghadapi Perubahan-Perubahan Pada Masa Menopause. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9 (1), 104-109.

Cipto, C., Siswoko, S., & Saptaningrum, E. (2020). Tingkat pengetahuan dan sikap perempuan menghadapi masa menopause. Jurnal Studi Keperawatan, 1(1), 6-9.

L.Lestari. (2015). Psikologi Kespro Perempuan Dan Perkembangan Reproduksinya. Yogyakarta: Nuha Medika.

Nababan, P. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Perempuan Premenopause Menghadapi Masa Menopause Di Komplek Asrama Khatulistiwa Kota Pontianak Tahun 2021. MIRACLE Journal, 2 (1), 74-87.

Nasution, Z. (2020). Pengetahuan Dan Sikap Perempuan Dalam Menghadapi Premenopause Di Kelurahan Baru Ladang Bambu Kecaamatan Medan Tuntungan. Darma Agung, 27 (3),

-1233.

Norisa, N., Fitriani, A., Asriah, A., & Novemi, N. (2023). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Perempuan Perimenopause Terhadap Kesiapan Menghadapi Menopause. Jurnal Kebidanan Malakbi, 3 (2), 72-79.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Nugroho, T. (2014). Masalah Kesehatan Reproduksi Perempuan. Yogyakarta: Medical Book.

Nuraeni, N., Rahman, I. K., & Handrianto,

B. (2023). Kesadaran Religiusitas Orang Dewasa sebagai Solusi bagi Sindrom Perimenopause Menurut Zakiyah Darajat. NUKHBATUL'ULUM: Jurnal Bidang Kajian Islam, 8(2), 108-124.

Nursalam. (2013). Konsep Penerapan Metodologi Penelitian. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2016). Metode Penelitian Ilmu Keperawatan Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika.

Proverawati, A. (2016). Menopause Dan Sindrome Premenopause. Yogyakarta: Nuha Medika.

Puspitasari, B. (2020). Hubungan Pengetahuan Dengan Tingkat Kecemasan Wanita Premenopause Dalam Menghadapi Masa Menopause. Jurnal Kebidanan, 9(2) , 115- 119.

Putris, A. A. (2015). Hubungan Persepsi Menopause Dengan Kecemasan Pada Perempuan Premenopause. E-Jurnal Biomedika Vol 7, No.1.

Sari, N., Murdiningsih, M., & Handayani,

S. (2023). Hubungan Dukungan Keluarga, Pengetahuan Dan Sikap Perempuan Dengan Kesiapan Menghadapi Perubahan Pada Masa Premenopause. Jurnal Aisyiyah Medika, 7 (1)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.Sumargo, B. (2020). Teknik Sampling. Jakarta: Unj Press.

Tulung, O., Kundre, R., & Silolonga, W. (2014). Hubungan Sikap Perempuan Premenopause Dengan Perubahan Yang Terjadi Menjelang Masa Menopause Di Kelurahan Woloan 1, Kecamatan Tomohon Barat, Kota Tomohon. Jurnal Keperawatan 2(2).

Widiastuti, R., & Rohani, T. (2020). Tingkat Pengetahuan Perempuan Tentang Premenopause Dan Menopause Pada Masa Klimakterium. Jurnal Ilmu Kebidanan, 6 (




DOI: https://doi.org/10.24853/ijnsp.v5i2.35-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ