Hubungan Tugas Perkembangan Keluarga Anak Usia Sekolah terhadap Pembelajaran Online Siswa Kelas 1-3 Sekolah Dasar
Abstract
Latar Belakang: Tahap keempat perkembangan keluarga, yaitu keluarga anak usia sekolah. Tahap ini dimulai saat anak pertama berusia 6 tahun, mulai sekolah dasar, dan berakhir pada usia 13 tahun awal pubertas. Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan terbatasnya semua kegiatan keseharian masyarakat salah satunya dunia pendidikan. Hal ini membuat semua institusi pendidikan meniadakan pembelajaran langsung dan dilakukan secara online. Untuk membantu keberhasilan program pemerintah ini dibutuhkan tugas perkembangan keluarga anak usia sekolah yang terpenuhi agar pembelajaran online dapat berjalan secara efektif.
Objektif: Mengetahui hubungan tugas perkembangan keluarga anak usia sekolah terhadap pembelajaran online siswa kelas 1-3 sekolah dasar.
Metode: Menggunakan desain analitik dengan pendekatan Cross Sectional Survey. Populasi pada penelitian ini yaitu para keluarga yang memiliki anak pertama usia sekolah dasar kelas 1-3 di wilayah RW 08 kelurahan mustikasari sebanyak 79 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling yaitu menggunakan seluruh jumlah populasi yang ada. Pengambilan data dilakukan dari awal bulan Juni 2021 menggunakan teknik analisa data Chi-Square.
Hasil: dari hasil uji diperoleh tugas perkembangan keluarga anak usia sekolah tidak terpenuhi 43 (54,4%) dan pembelajaran online efektif 44 (55,7%) dengan nilai P Value 0,031 < 0,05.
Implikasi Klinis: Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk mengembangkan program intervensi dini yang lebih tertarget bagi keluarga dengan anak usia sekolah dasar yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran online. Program edukasi bagi orang tua dapat dirancang untuk membantu mereka memahami pentingnya peran mereka dalam mendukung pembelajaran anak di rumah, terutama dalam konteks pembelajaran online.
Kesimpulan: Studi ini menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tugas perkembangan dengan pembelajaran online pada siswa kelas 1-3 sekolah dasar.
Keywords: Tugas perkembangan keluarga anak usia sekolah, pembelajaran online, covid 19
Full Text:
PDFReferences
Anita Sri. 2020. Penerapan pembelajaran dalam jaringan (DARING) pada anak usia dini selama pandemic virus Covid-19 di kelompok A Ba Aisyiyah timbang kecamatan kejobong kabupaten purbalingga. Purwokerto.
Cahyati Nika dan Rita Kusumah. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Kuningan. Jurnal Golden Age https://core.ac.uk/download/pdf/327209071.pdf (diakses pada tanggal 27 Juli 2021)
Chairudin Achamd. 2020. Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Siswa Kelas 5 dan 6 MI Ma’arif Gedangan Kec.Tuntang Kab.Semarang Tahun 2020/2021. Semarang. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9793/1/SKRIPSI%20ACHMAD%20CHAIRUDIN%2023040160168.pdf (diakses pada tanggal 20 Juli 2021)
Eduinfo. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan. https://eduinfo.co.id/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-pendidikan-di-indonesia/ (diakses pada tanggal 3 Maret 2021)
Fatmawati. 2017. Perbedaan Gaya Belajar Berdasrkan Jenis Kelamin Pada Siswa MTs Madani Pao-Pao. Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8136/1/FATMAWATI.pdf (diakses pada tanggal 20 Juli 2021)
Handarini Oktafia Ika, Siti Sri Wulandari. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap (diakses pada tanggal 2 April 2021)
Hidayat, A.Aziz Alimul. 2017. Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika
Irmilia Ernita, et.al. 2015. Hubungan Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Sekolah. Riau. https://media.neliti.com/media/publications/187559-ID-none.pdf (diakses pada tanggal 7 Juli 2021)
Jati Lintang Tanjur Sekar dan Woro Sumarni. 2020. Dampak pandemic covid-19 terhadap perkembangan anak sekolah dasar. Semarang. MANA LINK NYAA (Diakses pada tanggal 7 Juli 2020)
Kholifah Siti Nur, Ns. Wahyu Widagdo. 2016. Keperawatan Komunitas dan Keluarga. Jakarta; Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kyle Terry, Susan Carman. 2014. Buku Ajar Keperawatan Pediatri Vol.1 Edisi 2. Jakarta; EGC
Latifa Umi. 2017. Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Surakarta. Journal of Multidisiplinary Studies. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/academica/article/view/1052/297 (diakses pada tanggal 1 April 2021)
Maturoh Imas, Nauri Anggita T. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta; Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.
Notoadmojo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : 2014
Ristiani Ema Putri. 2015. Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Dalam Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan III Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Semarang. http://lib.unnes.ac.id/21484/ (diakses pada tanggal 8 April 2021)
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Sulistyo Dwi Cahyaningsih. 2011. Pertumbuhan Perkemabangan Anak dan Remaja Edisi Revisi. Jakrta; Trans Info Media.
Shinta Kurnia Dewi. 2011. Efektifitas E-learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Ajar TIK Kelas XI di SMA Negeri 1 Depok.
https://eprints.uny.ac.id/21296/1/Shinta%20Kurnia%20Dewi%2007520241026.pdf (diakses pada tanggal 1 April 2021)
Samiudin. 2017. Pentingnya Memahami Perkembangan Anak Untuk
Menyesuaikan Cara Mengajar Yang Diberikan. Bangil.
http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:yQ6-BiUn4BQJ:ejournal.kopertais4or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/download/2901/2143/+&cd=4&hl=id&ct=clnk&gl=id (diakses pada tanggal 30 Maret 2021)
Srifanti. 2020. Hubungan Antara Parenting Stress Dengan Strategi Regulasi Emosi Orang Tua Yang Memiliki Anak Usia Sekolah Dasar (Middle Childhood) Di Jabodetabek. Jakarta. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi
Tyas Fatma Putri Sekaring, et.al. 2017. Tugas Perkembangan Keluarga Dan Kepuasan Pernikahan Pada Pasangan Menikah Usia Muda. Bogor. Jur. Ilm. Kel. & Kons., Mei 2107, p : 83-94
DOI: https://doi.org/10.24853/ijnsp.v6i1.5-8
Refbacks
- There are currently no refbacks.