PENGARUH PENGAWASAN MODEL KLINIS DAN PENGAWASAN MODEL AKADEMIK PADA PERAWATAN PERAWAT KELUARGA DI KESEHATAN MASYARAKAT KABUPATEN POSO PADA TAHUN 2018

Tri Utami

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang: Ketidakefektifan asuhan keperawatan keluarga di Puskesmas adalah salah satunya karena kurangnya penerapan model pengawasan yang tepat. Pengawasan adalah fungsi manajemen pada tahap kontrol yang dilakukan untuk mengarahkan perawat untuk bekerja secara efektif dan efisien, dan mengurangi potensi masalah pekerjaan. Tujuan Penelitian: Untuk menganalisis pengaruh penerapan model supervisi klinis dan akademik terhadap efektivitas asuhan keperawatan keluarga di Puskesmas Kabupaten Bekasi. Desain Penelitian: Jenis penelitian ini adalah desain kuasi-eksperimental dengan pretest posttest dengan desain kelompok kontrol. Sampel penelitian ini adalah perawat di Puskesmas Kabupaten Bekasi yang terdiri dari 4 kelompok dan 10 orang di masing-masing kelompok. Analisis data dilakukan dengan menggunakan General Linear Model Repeat Measure (GLM-RM). Hasil: Model pengawasan klinis di Puskesmas Malei dari Minggu 1 (rata-rata 9.20) dengan pengukuran Minggu 4 (rata-rata 19.0) diikuti oleh model supervisi akademik di Puskesmas Kawua adalah Minggu 1 (rata-rata 8.7) dengan pengukuran Minggu 4 (rata-rata 18, 8) sedangkan kelompok kontrol pengawasan klinis di Puskesmas kayamnya adalah Minggu 1 (rata-rata 8,4) dengan pengukuran terakhir pada Minggu 4 (rata-rata 9,2) dan pada minggu 1 kelompok kontrol model pengawasan akademik di Puskesmas Mapane (rata-rata 7,1) dengan pengukuran terakhir Minggu 4 (rata-rata 9, 7).

 

Kata kunci: Pengawasan Model Klinis, Model Akademik dan Pengawasan Perawatan Keluarga 


Full Text:

PDF

References


Atmaja, A.D. (2018). Pengaruh Supervisi KlinikModelAkademik Terhadap Kemampuan Perawat Dalam Menerapkan Patient Centered Care (PCC) Di Rumah Sakit.Nurscope. Jurnal Keperawatan Pemikiran Ilmiah.4 (6).41-54

Bindseil, K., et al. 2008). Clinical supervision handbook a guide for clinical supervisors for addiction and mental health. Toronto: Canada.

Budiyanto A. (2013). Pengaruh Supervisi Klinik Model Akademik dan Kemampuan Menilai Prestasi Kerja Kepala ruang Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap, Tesis. Program Magister FIK. Depok: Universitas Indonesia. Tidak dipublikasikan.

Davis, C.&Burke, L. (2011). The effectiveness of clinical supervision for a group of ward managers based in a district general hospital: an evaluative study. Journal of Nursing Management, no-no.

Dawson, M., Phillips, B., &Leggat, S.G. (2012). Effective clinical supervision for regional allied health professionals-the supervisie's perspective. Australian Health Review, 36(1), 92-97. doi:10.1071/ah11006

Hariyati. (2014). Perencanaan, Pengembangan dan Utilisasi Tenaga Keperawatan. Jakarta: Raja Grafindo presada.

Hasibuan, Malayu S.P. (2006). Manajemen Dasar, Pengertian, dan. Masalah, Edisi Revisi, Bumi Aksara: Jakarta.

Keputusan Menteri Kesehatan R.I. Nomor HK.02.02/Menkes/52/2015.

Marquis BL & Huston CJ. (2012). Leadership role and management function in nursing, theory and applications. ed.7. Philadelphia: Wolter Kluwer Lippincot William Wilkins.

N. W. Lestari, 2014. Pengaruh Supervisi Metode Klinis Terhadap Kelengkapan Dokumentasi Asuhan Keperawatan di RSUD. H Soewondo Kendal. Jurnal Ilmu Kperawatan dan Kebidanan (JIKK).

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesian Nomor 40 Tahun 2017 Tentang Pengembangan Jenjang Karier Profesional Perawat Klinis.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesian Nomor 46 Tahun 2015 Tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Praktik Mandiri Dokter Gigi.

Pribadi, A. (2009). Analisis pengaruh pengetahuan, motivasi dan perseps iperawat tentang supervisi terhadap pelaksanaan dokumentasi asuhan keperawatan diruang rawat inap RSUD kelet provinsi jawa tengah di Jepara. Tesis Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Siagian, S. P. (2011). Kiat meningkatkan produktivitas kerja. Jakarta: Rineka

Cipta

Siagian, S.P. (2009). Kiat meningkatkan produktivitas kerja. Jakarta: Rineka Cipta

Supratman & Sudaryanto, (2008). Model-model Supervisi Keperawatan Klinik. ISSN 1979-2697. vol.1 No. 4.

Widiyanto, Puguh., Hariyati, Tuti Sri dan Handiyani, Hanny. (2013). Pengaruh Pelatihan Supervisi Terhadap Penerapan Supervisi Klinik Kepala ruangdan PeningkatanKualitas Tindakan Perawatan Luka Di RS PKU Muhammadiyah Temanggung.




DOI: https://doi.org/10.24853/ijnsp.v1i2.53-69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ