Simulasi-Optimasi Sistem Transportasi Penentuan Kebutuhan Truk Tangki Pada Proses Distribusi BBM: Studi Kasus TBBM Plumpang
DOI:
https://doi.org/10.24853/jisi.9.2.92-102Keywords:
BBM, Distribusi, Simulasi, Optimasi,Abstract
Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan salah satu kebutuhan pokok yang sangat penting bagi masyarakat, salah satunya yaitu sebagai bahan bakar kendaraan. Pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) memiliki peran penting untuk mengatur kegiatan operasional dan ketersediaan BBM bagi masyarakat. Adanya fluktuasi permintaan BBM akan mempengaruhi jumlah kebutuhan truk tangki yang digunakan untuk mendistribusikan BBM ke masing-masing Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Penelitian ini menggunakan model simulasi-optimasi untuk merancang dan mengembangkan model proses distribusi BBM dari TBBM Plumpang ke SPBU COCO di DKI Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan model simulasi-optimasi untuk menentukan kebutuhan truk tangki yang optimal pada pada prses pendistribusian BBM dengan menggunakan software simulasi Promodel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai utilitas truk tangki pada kondisi saat ini adalah sebesar 11.49%. Setelah dilakukan simulasi-optimasi didapatkan hasil jumlah mobil tangki yang diusulkan sebanyak 5 unit dengan peningkatan utilitas kendaraan sebesar 48.27%. Terdapat penurunan waktu idle sebesar 86.82% dari kondisi saat ini dan rata-rata waktu penggunaan kendaraan per hari menjadi 0.42 hari lebih singkat daripada kondisi saat ini.References
Baskoro, D. A., Hidayat, H., & Gartika, G. (2018). Efisiensi Proses Distribusi Bahan Bakar Minyak Di Pt Pertamina Persero Depot Pelumpang Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik (JMBTL) Vol., 4(3), 381–392.
Boyce, D. (n.d.). TRANSPORTATION SYSTEMS. I.
Hery Suliantoro1, A. N. (2020). Perspektif keilmuan teknik industri pada era new normal. PENGUKURAN KINERJA FUNGSI PENGADAAN BARANG/JASA MENGGUNAKAN PROCUREMENT COMPETITIVE CAPABILITY MATURITY MODEL Hery, 7(1), 1–3.
Kurnia, I., Pamungkas, D. W., & Fithri, P. (2020). Perbaikan Sistem Transportasi Dengan Simulasi Promodel Untuk Meningkatkan Ritasi Pengiriman Barang Di Pt. Xxx. Jurnal Sains Dan Teknologi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknologi Industri, 20(1), 102. https://doi.org/10.36275/stsp.v20i1.231
Nor, R. M., Ramli, M. F., & Kharuddin, M. H. (2017). Modeling and simulation of vehicle routing problem based on clustering locations. Advanced Science Letters, 23(5), 4146–4148. https://doi.org/10.1166/asl.2017.8298
Pitombeira-neto, A. R., & Rolim, G. A. (2017). Simulation of Tank Truck Loading Operations. Int J Simul Model, 16(September), 435–447.
Purwanto, E., Adrianto, L., & Rahardjo, S. (2017). Strategi Optimal Peningkatkan Efisiensi di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Makassar dengan Menggunakan Discrete-Event Simulation. Warta Penelitian Perhubungan, 29(1), 33. https://doi.org/10.25104/warlit.v29i1.316
R.C. Harrell. (2004). Simulation Using PROMODEL, 2nd edition. 711.
Risdayanti. (2012). Bahan Bakar Gas (BBG) sebagai Alternatif Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk Sektor Transportasi. Forum Teknologi, 5(2), 65–77.
Riyanto, A. (2012). ANALISIS SIMULASI ANTRIAN NASABAH DI BANK BNI 46 Tbk. 102, 319–343.
Simulasi, L., & Aplikasi, D. A. N. (1984). Simulation and Promodel Software. 1–52.
Suprianto, Muhammad, & Indriani, A. (2018). Penerapan Metode Simulasi Kejadian Diskrit Pada Layanan Antar Pesan. 2087–2658, 205–210.
Yonathan, R., Kinanti, S. P., & Zahra, Z. Z. Z. (2020). Increasing oil/petroleum supply chain distribution efficiency through using autonomous vehicle. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 0(March), 1504–1509.
Downloads
Published
Issue
Section
License
COPYRIGHT POLICY
The author(s) of an article published in the JISI UMJ retains ownership of the intellectual property rights in work (s).
PUBLISHING RIGHTS
The author(s) of an article published in the JISI UMJ have unrestricted publication rights. The authors give the JISI UMJ the right to publish the article and designate the Industrial of Engineering Universitas Muhammadiyah Jakarta Publishing as the original publisher of the article.
LICENSING POLICY
Journal of Industrial Engineering and Sciences is an open-access journal that follows the Creative Commons Non-Commercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0), which states that:
Under this license, the reusers must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. Users may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses users or their use.
Please take the time to read the whole license agreement (https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/). As long as reusers follow the license conditions, the owner cannot withdraw these freedoms. The following components are included under this license:
Attribution: Users must provide appropriate attribution, including a link to the license, and indicate whether or not they made any modifications. Users are free to do so reasonably, but not in a manner that indicates the licensee approves of their usage.
NonCommercial: Users may not use the material for commercial purposes.