PENDEKATAN ALGORITMA GENETIKA DALAM UPAYA OPTIMALISASI PENJADWALAN DI PT. NUANSA INDAH

Haider Ali Hatim, Fandi Ahmad

Abstract


Dari hasil observasi diketahui penjadwalan proses produksi pada industri Pengecatan di PT. Nuansa Indah memiliki kendala, terutama dalam melakukan pengaturan dan penjadwalan pekerjaan sehingga masih ditemuinya kesulitan dalam memenuhi tenggat waktu pengiriman yang diinginkan konsumen. dengan variasi jenis barang mencapai 30 jenis. Setiap jenis barang akan melalui 15 proses yang terkelompok dalam 4 tahapan yang harus dilakukan secara berurut. Adanya limitasi fleksibilitas proses pada keempat tahapan ini menyebabkan masalah penjadwalan menjadi kompleks.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan dua metode dispatching rule, yaitu SPT (shortest processing time) dan EFT (earliest finish time). Kombinasi kedua metode ini dituangkan ke dalam suatu algoritma multiproduct-multistage dan diaplikasikan pada inisialisasi solusi. Dari inisialisasi solusi ini dihasilkan penjadwalan awal untuk masing-masing tahapan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa optimasi penjadwalan menggunakan pendekatan Genetic Algorithm menunjukkan pengurangan makespan sebesar 17090 detik atau 20.2385%.


Full Text:

PDF

References


Adiyanto, O., & Clistia, A. F. (2020). Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas UKM Eko Bubut dengan Metode Computerized Relationship Layout Planning ( Corelap ). Jisi, 7(1), 49–56.

Alfandianto, A., Nugroho, Y. A., & Setiafindari, W. (2017). Penjadwalan produksi menggunakan pendekatan algoritma genetika di pt pertani (persero) cabang di yogyakarta. Jurnal Disprotek, 8(2).

Bayani, L., Herlina, L., & Febianti, E. (2017). Usulan Penjadwalan Produksi Pada Aliran Flow Shop dengan Algoritma Genetika untuk Meminimasi Makespan. Jurnal Teknik Industri Untirta.

Havi, N. F., Lubis, M. Y., & Yanuar, A. A. (2018). Penerapan Metode 5S Untuk Meminimasi Waste Motion Pada Proses Produksi Kerudung Instan Di Cv . Xyz Dengan Pendekatan Lean Manufacturing. Jurnal Integrasi Sistem Industri, 5(2), 55–62.

Krisnanti, R., & Sudiarso, A. (2012). Penjadwalan Mesin Bertipe Job Shop Untuk Meminimalkan Makespan Dengan Metode Algoritma Genetika (Studi Kasus Pt X). Simposium Nasional RAPI XI FT UMS, 60–65.

Muhammad Fachrie, A. F. W. (2021). Model Paralelisasi Algoritma Genetika Terpandu pada Sistem Penjadwalan. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 5(3), 550–556.

Putri, R. K., Sutari, W., & Lalu, H. (2018). Perancangan Prosedur Pelatihan Pegawai Based Thinking Menggunakan Metode Business Process Improvement ( Studi Kasus : Universitas Xyz ). Jurnal Integrasi Sistem Industri, 5(1), 27–36.

Satriyanto, E. (2017). Penjadwalan Satpam Jaga Dengan Algoritma Genetika. Proxies, 1(2), 81–87. http://entin.lecturer.pens.ac.id/Kecerdasan Buatan/Buku/Bab 7 Algoritma Genetika.pdf.

Tampubolon, F. R. (2021). Penyelesaian Penjadwalan Flexible Job Shop Untuk Minimasidue Windows Dengan Algoritma Genetika. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(Juni), 894–903.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.9.2.145-154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ