REDESAIN TATA LETAK PRODUK BERDASARKAN MARKET BASKET ANALYSIS

Alfredo Rianto Kawengian, Idham Halid Lahay, Jamal Darussalam Giu

Abstract


Agung Supermarket merupakan perusahaan retail yang cukup dikenal di masyarakat Kabupaten Gorontalo. Hampir setiap hari dan setiap waktu konsumen mengunjungi Agung Supermarket. Hal ini menyebabkan sering terjadinya penumpukan dan penataan produk yang kurang tepat membuat banyaknya keluhan konsumen kesulitan dalam mencari produk. Sehingga diperlukan inovasi dan strategi untuk tetap kompetitif dengan pesaing retail sekitarnya. Penelitian ini bertujuan menyusun perancangan ulang tata letak produk berdasarkan kebutuhan dan perilaku konsumen saat berbelanja. Metode Market Basket Analysis (MBA) digunakan untuk mencari pola belanja konsumen sehingga lebih mudah untuk menyusun strategi promosi dan tata letak produk pada supermarket. Namun, pola tersebut rentan berubah setiap periode. Kemudian dilakukan pengolahan lebih lanjut menggunakan Overall Variability of Association Rules (OCVR) agar hasilnya konsisten sepanjang periode tanpa rawan perubahan aturan karena tingkat variabilitas yang tinggi. Dari hasil OCVR dilakukan Pemetaan tata letak menggunakan Activity Relationship Chart (ARC) untuk mencari tahu hubungan antara keterkaitan atau keeratan setiap produk. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis pembahasan yang telah dilakukan, ketentuan penataan layout yaitu dilakukan dengan mendekatkan produk-produk berdasarkan aturan asosiasi hasil analisis MBA, OCVR, dan ARC. Didapatkan 6 rules perubahan tata letak pada layout Agung Supermarket


Keywords


Market Basket Analysis; Data Mining; Activity Relationship Chart

Full Text:

PDF

References


Agrawal, R., Imielinski, T., & Swami, A. (1993). Mining Association in Large Databases. Proceedings of the 1993 ACM SIGMOD International Conference on Management of Data - SIGMOD ’93, 207–216.

Alfiqra, & Khasanah, A. U. (2020). Implementation of Market Basket Analysis based on Overall Variability of Association Rule (OCVR) on Product Marketing Strategy. Materials Science and Engineering, 722(1).

Arpitha, P., & KUMAR, P. V. (2018). Market Basket Analysis for Data Mining: Concepts and Techniques. International Journal of Engineering Science, 17309(4), 17309–17312.

Bramer, M. (2016). Principles of Data Mining (I. Mackie (ed.); Third Edition). London: Springer Nature.

Duncan, Philips, & Hollander. (1981). Manajemen Toko Eceran. Jakarta: Balai Aksara.

Ependi, S., & Akbar, M. (2021). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk dengan Algoritma Apriori. Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS), 3(1), 220±225

Halim, S., Octavia, T., & Alianto, C. (2019). Designing Facility Layout of an Amusement Arcade using Market Basket Analysis. Procedia Computer Science, 623-629.

Kurniawan, F., Umayah, B., Hammad, J., Nugroho, S. M. S., & Hariadi, M. (2017). Market Basket Analysis to Identify Customer Behaviours by Way of Transaction Data. Knowledge Engineering and Data Science, 1(1), 20.

Majid, A. A., & Pramudyo, C. S. (2021). Layout Design And Promotion Strategy Based On Market Basket Analysis And Overall Variability Of Association Rule, Faculty of Science and Engineering Universitas Islam Negeri, 112–121.

Papavasileiou, V., & Tsadiras, A. (2011). Time variations of association rules in market basket analysis. IFIP Advances in Information and Communication Technology, 364 AICT(PART 2), 36–44. https://doi.org/10.1007/978-3-642-23960-1_5

Rizaldi, D., & Adnan, A. (2021). Market Basket Analysis Menggunakan Algoritma Apriori: Kasus Transaksi 212 Mart Soebrantas Pekanbaru. Jurnal Statistika Dan Aplikasinya, 5(1), 31±40. https://doi.org/10.21009/JSA.05103

Ruswati, R., Gufroni, A. I., & Rianto, R. (2018). Associative Analysis Data Mining Pattern Against Traffic Accidents Using Apriori Algorithm. Scientific Journal of Informatics, 5(2), 91–104. https://doi.org/10.15294/sji.v5i2.16199

Setiawan, A., & Mulyanti, R. (2020). Market Basket Analysis dengan Algoritma Apriori pada Ecommerce Toko Busana Muslim Trendy. JUITA: Jurnal Informatika, 8(1), 11±18. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JUITA/article/view/4550

Tarigan, U., Tarigan, U. P. P., Rahman, I. H., & Rizkya, I. (2018). Design of facility layout with lean service and market basket analysis method to simplification of service process in the supermarket. MATEC Web of Conferences, 197, 0–4. https://doi.org/10.1051/matecconf/2018197140

Wignjosoebroto, Sritomo. (2009). Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. ed. Edisi ke 3 . Surabaya : Guna Widya




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.12.1.49-58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ