FORMULASI STRATEGI PEMASARAN MARCKS’ VENUS DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PRODUK KOSMETIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT, IE DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM)

Dwi Anggrayana Nurzanah, Erry Rimawan, Muhammad Kholil

Abstract


Industri kosmetik merupakan salah satu industri yang memiliki prospek yang cerah dan memberikan peluang pasar yang cukup luas dan besar. Terbukti dengan semakin tumbuh dan berkembangnya industri kosmetik sejalan dengan peningkatan kebutuhan dan keinginan terhadap kecantikan diri serta perubahan gaya hidup masyarakat sekarang ini. Ketatnya persaingan dalam industri kosmetik mengharuskan perusahaan mampu menyusun strategi dalam bersaing untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat keuntungan perusahaan. Tujuan penelitian ini yaitu memformulasikan strategi pemasaran yang tepat yang dapat digunakan oleh perusahaan agar produk Marcks’ VENUS semakin kuat dalam menghadapi persaingan bisnis dan mampu unggul dalam persaingan dan memberikan saran/rekomendasi alternatif strategi yang tepat untuk perusahaan. Penelitian ini menggunakan matriks Internal Eksternal (IE), Matriks Strenght, Weakness, Opportunity dan Threat (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Matrik IE dan SWOT digunakan untuk perencanaan alternatif strategi sedangkan matrik QSPM digunakan untuk penentuan strategi prioritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat diterapkan yaitu penetrasi pasar, pengembangan produk dan integrasi horizontal. Prioritas strategi dengan nilai Total Attractive Score tertinggi adalah mempertahankan kualitas, mutu, dan kehalalan kosmetik bahan-bahan yang digunakan dan meningkatkan kualitas produk Marcks’ VENUS.


Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Rajawali : Jakarta.

Assauri, S. 2013. Strategic Management. Rajagrafindo : Depok

David, F.R. (2009). Manajemen Strategis Konsep Terjemahan. Salemba Empat. Jakarta.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untukPenulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Iqbal .2002. Pokok –pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia

Kotler, P. 1995. Manajemen Pemasaran. Analisis Perncanaan Implementasi dan Pengendalian. Edisi kedelapan. Salemba empat Pretice Hall. Edisi Indonesia.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management. Prentice Hall : New Jersey.

Lufi, Wike, dan Shyntia. 2014. Perencanan Strategi Pengembangan Perusahaan Menggunakan Metode Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang.

Nyimas, Retno dan Shyntia. 2014. Perencanan Strategi Pengembangan Restoran Menggunakan Analisis SWOT Dan QSPM. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Vol. 3 No. 1.

Rangkuti Freddy (1999), Analisis SWOT Teknik membelah kasus bisnis, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Solomon dan Elnora. 2003. Strategi Pemasaran. Kelompok Gramedia : Jakarta.

Stanton, William J. 1986. Prinsip Pemasaran. Erlangga: Jakarta.

Sugiyono.2003. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta.

Taslimi, Omeyr, dan Arabkoshar. 2014. Formulating A Strategy Through Metode Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM) Based On SWOT Framework (Case Study: Industrial Group Of Barez Tires). International Journal Of Economy, Management, And Social Sciences Vol. 3 No. 8.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.2.2.29-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ