DAMPAK SYSTEM PENGONTROLAN LALU LINTAS CERDAS PADA PERSIMPANGAN JALAN
Abstract
Kebiasaan tabiat untuk melakukan pelanggaran terhadap waktu menyala lampu lalu lintas cenderung meningkat. Saat lampu merah masih menyala, pengendara sudah melintas dan cenderung tidak perduli dengan peraturan lalu lintas. Keadaan ini terutama pada jam sibuk sehingga menyebabkan kemacetan. Kurangnya disiplin penyebab utama terjadinya pelanggaran di persimpangan lampu lalin.Di sisi lain, penerapan kontrol lampu lalin cerdas, membutuhkan tingkat kedisiplinan tinggi dari para pengguna.Sistem ini akan melakukan penghitungan waktu lampu sesuai dengan kondisi kepadatan kendaraan pada jalan utama. Jika ruas jalan persimpangan mempunyai kepadatan yang lebih banyak maka secara otomatis penentuan waktu diberikan porsi yang lebih lama pada ruas jalan tersebut dibandingkan dengan jalan lainnya. Sistem kontrol ini diprogram untuk secara akurat memberikan waktu menyala lampu la lin dan pada saat bersamaan kamera akan menangkap gambar para pelanggar la lin dan mengirimkan hasilnya ke kantor Polisi untuk melakukan siasatan lanjutan dengan memberikan denda. Metode Penelitian yang dilakukan menggunakan kajian literatur dan penelitian lapangan termasuk pengumpulan data melalui quisioner kepada pengendara kendaraan dan seterusnya dibandingkan dengan kondisi sebelum dan setelah implementasi dari Sistem Kontrol Cerdas. Awalnya menimbulkan kekacauan karena perubahan pengaturan lampu lalin,namun lama kelamaan akan terjadi perubahan dengan meningkatnya kedisiplinan para pengendara. Ada peningkatan kecenderungan disiplin dibandingkan dengan sebelumnya. Hal ini akan berdampak lebih positif sekiranya dalam aplikasinya aparat kepolisian lalu lintas tegas menerapkan sanksi tilang tanpa pandang bulu.
Full Text:
PDFReferences
Abubakar, 1996“Menuju Lalulintas dan Angkutan Jalan yang Tertib”, DirektoratPerhubungan Darat, Jakarta.
Agus Priyono, 2005b “Pembangunan Sistem Kawalan Teragih Pintar Bagi Lalu Lintas Bandar”, Thesis Doktor Falsafah, Fakulti Kejuruteraan, Universiti Kebangsaan Malaysia.
Agus Priyono, Muhammad Ridwan, Ahmad Jais Alias, Riza Atiq O. K. Rahmat, Azmi.
Diah Setyowati Ayuningtyas, Guritnaningsih A. Santoso, 2007 “Hubungan Antara IntensiUntuk Mematuhi Rambu-Rambu Lalu Llntas Dengan Perilaku Melanggar Lalu Llntas Pada Supir Bus di Jakarta”, JPS Vol. 13 No. 01 Januari 2007.
Dini Anggraini, 2013 “Studi Tentang Perilaku Pengendara Kendaraan Bermotor Di Kota Samarinda”, eJournal Sosiatri-Sosiologi, 1 (1): 10-19 ISSN 0000-0000, ejournal.sos.fisip-unmul.org © Copyright 2013.
Hassan, & Mohd. Alauddin Mohd. Ali, 2005a “Penggunaan Penggugusan Subtraktif bagi Menjana peraturan Kabur,” Jurnal Kejuruteraan, Universiti Kebangsaan MalaysiaNo. 17 : pp. 47-58.
Khisty, J.C., dan Lall, K.B,. (2003), ”Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi”, PenerbitErlangga, Jakarta.
Lan C.J. & Davis G.A., 1999 “Real-time Estimation of Turning Movement Proportions from Partial Counts on Urban Networks” Transportation Research, Part C 7: pp. 305-327.
Marwan Lubis, 2007 “Studi Manajemen Lalu Lintas Meningkatkan Kinerja Jaringan JalanPada Daerah Lingkar Dalam Kota Medan”, Tesis Magister Sains di Sekolah PascasarjanaUniversitas Sumatera Utara, USU Repository © 2008.
Muchaddam Fahham, 2013 “Lampu Merah”, Pusat Pengkajian, Pengolahan Data danInformasi (P3DI) Setjen DPR RI diunduh dari alamathttp://www.publicapos.com/opini/737-lampu-merahpadatanggal 04/08/2014, jam 09.06WIB.
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, 2011 “Laporan Realisasi Anggaran 2011 – 2012”, diunduh dari laman http://www.jakarta.go.id/v2/news/2014/09/laporan-realisasi-anggaran-2011-2012#.VCruKb76lSV, pada 22 September 2014.
Siyal M.Y. & Fathy M., 1999 “Image Processing Techniques for Real-Time Qualitative Road Traffic Data Analysis” Real-Time Imaging, vol. 5: pp. 271 – 278.
Tribun news.com, 2014 “Jumlah Korban Tewas Akibat Kecelakaan Lalu Lintas Tahun2013 Menurun”,http://www.tribunnews.com/nasional/2014/01/26/jumlah-korban-tewas-akibat-kecelakaan-lalu-lintas-tahun-2013-menurun, diunduh pada 20 Februari 2014.
DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.2.2.39-46
Refbacks
- There are currently no refbacks.