Perancangan Fasilitas Kerja yang Ergonomis pada Proses Pelarutan Printed Circuit Board (PCB) dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Studi kasus di IK-Tech)

Adhi Susatyo, Choirul Bariyah

Abstract


       IK-Tech merupakan home industry  yang bergerak dalam pembuatan PCB. Proses produksi di IK-Tech masih dengan proses manual, terutama pada proses pelarutan PCB (proses Etching). Proses Etching di IK-Tech tumpah, proses yang lama dan penggunaan yang tidak ergonomis karena operator bekerja dengan menggunakan alat yang seadanya berupa nampan, sehingga dalam proses pelarutan, terdapat banyak kekurangan seperti pelarut mudah posisi jongkok membungkuk. Gerakan kerja yang berulang-ulang dengan frekuensi yang sering, mengakibatkan operator tidak nyaman dalam bekerja dan mudah lelah. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan dalam proses Etching yaitu merancang fasilitas kerja.

      Pada penelitian ini, dirancang fasilitas kerja dengan pendekatan Quality Function Deployment. Metode ini bertujuan mengakomodasi perancangan fasilitas kerja berdasakan kebutuhan pengguna. Selain itu, pendekatan ergonomis pada perancangan fasilitas kerja untuk memperkecil beban kerja operator sehingga menciptakan rasa nyaman dan aman bagi operator dalam bekerja.

       Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data, enumeration persentase keluhan operator sebelum perancangan sebesar 7% keluhan sakit, setelah perancangan turun menjadi 0% (tidak ada keluhan sakit). Rekapitulasi waktu pelarutan sebelum perancangan sebesar 22,66 menit/unit, waktu pelarutan setelah perancangan (penggunaan manual) sebesar 13,66 menit/unit dan waktu pelarutan setelah perancangan (penggunaan otomatis) sebesar 11,37 menit/unit. Dari rekap waktu pelarutan, diketahui penurunan waktu pelarutan sebelum dan setelah perancangan (penggunaan manual) sebesar 39,72 %, penurunan waktu pelarutan sebelum dan setelah perancangan (penggunaan otomatis) sebesar 49,82 %. 


Keywords


Etching, Printed Circuit Board, ergonomis, Quality Function Deployment,Customer Requirement

Full Text:

PDF

References


Hutabarat, Rudy Bastian , 2012 , Rancang Bangun Ulang Kursi Kuliah Yang Ergonomis Berdasarkan Data Antropometri Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Putra, Aditya , 2014 , Perancangan Fasilitas Kerja Pemotong Handle Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Operator Dengan Konsep Ergonomi, Universitas Ahmad Dahlan , Yogyakarta.

Kuntara,Wisnu , 2013 , Perancangan Ulang Desain Kursi Antropometri Laboratorium APK dan Ergonomi Universitas Ahmad Dahlan yang Sesuai dengan Keinginan Pengguna Menggunakan Metode Quality Function Deployment, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

http://femmifirdausahdiat.blogspot.co.id/2012/09/apakah-itu-pcb-printed-circuit-board.htmldiaksestanggal 25 juni 2015 pukul 16.05

Widodo, Imam Djati , 2003 , perancangan dan Pengembangan Produk, UII Press Indonesia , Yogyakarta.

Ginting, Rosnani, 2010, Perancangan Produk, edisi pertama, Cetakan Pertama , Graha Ilmu, Yogyakarta.

Numianto, Eko , 2003, Ergonomi : Konsep Dasar dan Aplikasinya, Edisi Pertama , Cetakan Ketiga , Guna Widya , Surabaya.

Cohen, L. 1995, Quality Function Deployment : How to make QFD work for you. Engineering Process Improvement Series.

Day, Ronal G. 1993, Quality Function Deployment : Linking a Company with Its Customers. ASQC Quality Press.

Wignjosoebroto, Sritomo , 2003, Ergonomi Studi Gerak dan Waktu : Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktivitas Kerja, Edisi Pertama , Cetakan Ketiga, Guna Widya, Surabaya.

Sutalaksana, Iftikar Z, dkk , 2006, Teknik Perancangan Sistem Kerja , Penerbit ITB , Bandung.

Fauzy,Akhmad, 2008, Statistik Industri ,Erlangga , Jakarta.

Azwar, Saifuddin, 2015, Reliabilitas dan Validitas, Edisi keempat, Cetakan kelima, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Ghozali, Imam, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Universitas Diponegoro, Semarang.

Wingjoesoebroto, Sritomo, 2003, Pengantar Teknik & Manajemen Industri, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, GunaWidya, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.3.1.7-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ