Pemilihan Pemasok terhadap Tingkat Rendemen Daun Nilam

Bethriza Hanum

Abstract


Peluang usaha pasar konsumsi dan kebutuhan minyak nilam di Indonesia semakin meningkat, hal tersebut kemudian menjadi pemicu munculnya perusahaan-perusahaan pengolah minyak nilam yang mengolah tanaman nilam, sehingga dapat memenuhi permintaan minyak nilam yang berkualitas untuk dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri tersebut dan juga dapat dijadikan produk ekspor. Pemilihan pemasok yang dibahas adalah mempertimbangkan kuantitas barang yang ditawarkan oleh pemasok, permintaan, budget dan batasan penerimaan tingkat rendemen. Untuk mengatasi keterbatasan tersebut, maka perlu dikembangkan model pemilihan pemasok yang mempertimbangkan batasan kuantitas barang yang ditawarkan oleh pemasok dan penerimaan tingkat rendemen dengan menggunakan metode Linear Programming (LP). Penelitian ini merancang model tingkat rendemen dengan mempertimbangkan kriteria daun nilam dan nerancang model pemilihan pemasok yang baik untuk memaksimalkan  keuntungan perusahaan dengan pertimbangan penerimaan tingkat rendemen minyak nilam.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Model penentuan tingkat rendemen yang dikembangkan dapat menentukan persentase TR dari tiap bahan baku yang dipasok oleh pemasok, sehingga perusahaan dapat mengetahui kualitas daun nilam berdasarkan tipe jenis daun nilam.

Hasil analisa perhitungan contoh numerik menunjukkan bahwa pemasok yang terpilih bukan pemasok yang memiliki kriteria daun nilam yang baik, hasil analisis perubahan parameter permintaan minyak dan budget menunjukkan bahwa ketika permintaan minyak dinaikkan melebihi data patokkan output model tidak sensitif, tetapi ketika permintaan diturunkan dibawah data patokkan otuput model terlihat sensitif.

     Saran dari penelitian ini adalah pengembangan model dengan menambahkan beberapa variabel biaya lainnya yang berpengaruh kepada keuntungan yang diperoleh, pengembangan model dengan mempertimbangkan kriteria tipe daun nilam yang berasal dari daun nilam basah dan daun nilam kering dan entitas yang terlibat tidak hanya pemasok dan pemanufaktur  saja, tetapi juga melibatkan entitas konsumen (produsen parfum, sabun, alat kosmetik, dan sebagainya).

 


Keywords


pemilihan pemasok,tingkat rendemen, daun nilam

Full Text:

PDF

References


Chotimah, S.N. , Pengembangan Metode Pemilihan Mitra dalam Rantai

Desain, Tesis Magister Teknik dan Manajemen Industri, ITB, 2008.

Cho, Danny, I dan Ting, Shin Chan, “An Integrated Approach for Supplier Selection and Purchasing Desicions”, International Journal , 13/2, 116-127, 2008.

Dobler, D.W., dan Burt, D.N., Purchasing and Supply Management, edition, McGraw-Hill, Singapore, 1996.

Ghodsypour, S.H. dan O’Brien, C.O.,”A Decision support system for supplier selection using an integrated analytic hierarchy process and linear programming”, Int. J. Production Economics, Vol. 56-57, pp. 199-212.

edition, McGraw-Hill, Singapore, 1998.

Chopra, S. dan Meindl, P., “ Supply Chain Management: Strategy,

Planning and Operation”, Prentice Hall, 2001.

Dismukes, John, P, Wang, Ge dan Huang, Samuel, H, “Product-Dirven Supply Chain Selection Using Integrated Multi-Criteria Decision-Making Methodology”, Int. J. Productions Economics, 91, 1-15, 2004.

Jain, V., Wadhwa, S., dan Desmukh, S.G. , “Supplier Selection Using Fuzzy Association Rules Mining Approach” International Journal of Production Research, Vol. 45, No. 6, pp. 1323-1353, 2005.

Jayaraman, V, Srivastava, dan benton, W, C, “Supplier Selection and Order Quantity Allocation: A Chomprehensive Model”, The Journal Supply Chain Management, 1999.

Mangun., S., M.,” Nilam”, Penebar Swadaya, Jakarta, 2002.

Pujawan., N., I, “ Supply Chain Management”, Guna Widya, Surabaya, 2005.

Simamora., B, “Analisis Multivariate Pemasaran” , PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005.

Sunarto dan Riduwan., “Pengantar Statistika”, Alfabeta, Jawa Barat, 2009.

Supranto., J., Prof (2004),” Analisis Multivariate: Arti dan Interpretasi”, Renika Cipta, Jakarta, 2004.

Weele., Arjan. J. Van., “Purchasing and Supply Chain Management”, Thomson Learning, UK., 2002




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.3.1.45-58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ