Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Intensi Membeli Melalui Live Shopping pada Generasi Z
Abstract
Live Shopping adalah konsep yang menggabungkan fitur streaming langsung dengan transaksi pembelian secara real-time. live shopping lebih interaktif karena pelaku bisnis dapat memberikan keterangan secara detail mengenai sebuah produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi intensi dan perilaku generasi Z dalam berbelanja melalui live shopping. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) untuk menguji hubungan korelasi antar variabel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive samping dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online kepada pengguna live shopping. Dalam penelitian ini menggunakan variabel trust, online live shopping experience, attitude, subjective norm, perceived behavior control, intention to live shopping, dan online live shopping behavior. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa trust memiliki pengaruh terhadap attitude, attitude dan subjective norm memiliki pengaruh terhadap intention to live shopping, intention to live shopping memiliki pengaruh terhadap online live shopping behavior. Namun, online live shopping experience tidak memiliki pengaruh terhadap attitude, dan perceived behavior control juga tidak memiliki pengaruh terhadap intention to live shopping.
Kata kunci: Live shopping, intention to live shopping, theory of planned behavior
Full Text:
PDFReferences
Agustini, N. K. D. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19997
Arina, H. H., Johan, F., Ulmi, M., & Nasya, D. (2022). Online Consumer Behavior Dalam Keputusan Pembelian Pada Aplikasi E-Commerce. Journal of Digital Business and Innovation Management, 1(2), 133–146. https://doi.org/10.1234/jdbim.v1i2.50501
Hair J, Anderson R, Babin B, & Black W. (2010). Multivariate Data Analysis.pdf. In Australia : Cengage: Vol. 7 edition (p. 758).
Hsu, M. H., Yen, C. H., Chiu, C. M., & Chang, C. M. (2006). A longitudinal investigation of continued online shopping behavior: An extension of the theory of planned behavior. International Journal of Human Computer Studies, 64(9), 889–904. https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2006.04.004
Hu, M., & Chaudhry, S. S. (2020). Enhancing consumer engagement in e-commerce live streaming via relational bonds. Internet Research, 30(3), 1019–1041.
Icek, A. (1991). Reporting Behaviour of People with Disabilities in relation to the Lack of Accessibility on Government Websites: Analysis in the light of the Theory of Planned Behaviour. Disability, CBR and Inclusive Development, 33(1), 52–68. https://doi.org/10.47985/dcidj.475
Jayani, D. H. (2021). Proporsi Populasi Generasi Z dan Milenial Terbesar di Indonesia. Persentase Penduduk Indonesia Menurut Generasi, 2020. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/24/proporsi-populasi-generasi-z-dan-milenial-terbesar-di-indonesia
Maghfiroh, N., & Palupi, G. S. (2023). Analisis Pengaruh Variabel Keterjangkauan Teknologi Informasi dalam Live Streaming Shopping Tiktok pada Minat Pembelian. Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, 4(4), 26–36.
Mervin, Priharsari, D., & Purnomo, W. (2022). Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Perceived Value terhadap Purchase Intention pada Live Shopping. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(12), 5660–5667. http://j-ptiik.ub.ac.id
Mindiasari, I. I., Priharsari, D., & Purnomo, W. (2023). Eksplorasi Pengaruh Teknologi Live Shopping terhadap Minat Beli Pelanggan dengan Systematic Literature Review. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(3), 1039–1042. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12370
Moshrefjavadi, M. H., Rezaie Dolatabadi, H., Nourbakhsh, M., Poursaeedi, A., & Asadollahi, A. (2012). An Analysis of Factors Affecting on Online Shopping Behavior of Consumers. International Journal of Marketing Studies, 4(5). https://doi.org/10.5539/ijms.v4n5p81
Nuri, P., Budiyanto, & Suhermin. (2021). Theory of Planned Behavior: Implementasi Perilaku Electronic Word of Mouth oada Konsumen Marketplace.
Pavlou, P. a, & Fygenson, M. (2006). Understanding and Predicting Electronic Commerce Adoption : An Extension of the Theory of Planned Behavior Qjarteny and Predicting Understanding Electronic An Extension of Commerce Adoption : the Theory of Planned formed. Understanding and Predicting Electronic Commerce Adoption: An Extension of The Theory of Planned Behavior, 30(1), 115–143.
Putu, E. A. R., & I, S. G. P. (2017). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Dimediasi Oleh Perceived Quality Dan Brand Loyalty. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(12), 6620–6650.
Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 318. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20164
Setiawan, A. (2015). Pengaruh Trust (Kepercayaan) dan Online Shopping Experiences (Pengalaman Berbelanja Online) terhadap Perilaku Konsumen dalam Berbelanja Online: Prespektif Konsumen di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 13(3), 463–473.
Sukmaningrum, S., & Rahardjo, M. (2017). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Niat Berwirausaha Mahasiswa Menggunakan Theory of Planned Behavior. Diponegoro Journal Of Management, 6(3), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Yanti, S. D., Astuti, S., & Safitri, C. (2023). Pengaruh Pengalaman Belanja Online Dan Kepercyaan Terhadap Minat Beli Ulang Di Tiktok Shop (Studi Kasus Mahasiswa Fkip Uhamka 2018). Jurnal EMT KITA, 7(1), 47–61. https://doi.org/10.35870/emt.v7i1.728
DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.12.1.13-22
Refbacks
- There are currently no refbacks.