MENANGGULANGI WHEEL HOUSE DEFECT SPOT TAJAM PADA JALUR SIDE MEMBER D17D DI PT. XYZ DENGAN METODE PDCA
Abstract
PT XYZ merupakan sebuah perusahaan manufaktur otomotif yang memproduksi kendaraan berupa mobil. Dengan berbagai macam varian baik sedan, minibus, city car, dll. Semakin meningkatnya kapasitas produksi di PT XYZ, maka semakin meningkat pula pengawasan dan pengendalian terhadap kualitas. Jumlah defect pada jalur side member pada departemen welding yaitu 46 defect spot tajam yang merupakan defect safety artinya defect yang tidak boleh terjadi. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa tingginya defect yang ada pada jalur side member yang memproduksi A dan B.
Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan metode PDCA (Plan, Do, Check, Action) yang terdapat seven tools didalamnya, serta melalui kegiatan Quality Control Circle agar diperoleh informasi-informasi dari hasil diskusi yang dapat membantu memecahkan masalah tersebut. Pengumpulan data diperoleh dari dokumen perusahaan (Primer), data observasi (Sekunder), dan data wawancara.
Hasil penelitian ini adalah zero defect artinya perbaikan yang dilakukan untuk menanggulangi defect spot tajam berhasil 100%. Defect yang sebelumnya ditemukan sebanyak 46 kali. Semenjak adanya perbaikan secara tuntas defect itu tidak muncul lagi, data itu ditunjukkan berdasarkan catatan chek sheet dari quality metal finish. Hal itu telah menjadi target perusahaan bahwa defect safety harus hilang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariani, Dorothea Wahyu. Manajemen Kualitas, Edisi Pertama, Universitas Atmajaya Yogyakarta. Yogyakarta, 1999.
Hari Purnomo . Pengantar Teknik Industri. Graha Ilmu. Yogyakarta, 2004.
Irham Fahmi. Manajemen Produksi dan Operasi. Alfabeta. Bandung, 2014.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran . Jilid II. Edisi 11 Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta 2005
Vincent, Gasp. Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa . PT Gramedia. Jakarta, 1997
Vincent, Gasperz, Statistical Proses Control Dalam Manajemen Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, 1998.
Zulian Yamit. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonisa. Yogyakarta, 2001
DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.4.2.85-92
Refbacks
- There are currently no refbacks.