Perancangan Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Metode SWOT dan QSPM Pada UMKM Toko Roti dan Kue

Fira Sabrina, Tiena Gustina Amran

Abstract


Dalam menghadapi persaingan bisnis dan kondisi pasca pandemi, pelaku bisnis UMKM Toko Roti dan Kue berencana untuk merancang strategi bisnis guna bersaing di pasar serta membangun prospek untuk tumbuh pada masa menuju pasca pandemi. Tujuan penelitian ini untuk merancang dan mengevaluasi strategi pengembangan bisnis berdasarkan faktor-faktor internal dan eksternal bisnis Toko Roti dan Kue. Perancangan strategi pengembangan bisnis dilakukan dengan metode Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats (SWOT) untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal bisnis serta merancang strategi yang layak, dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) sebagai penyempurna dalam penentuan pemilihan strategi bisnis. Hasil penelitian menggunakan analisis SWOT didapatkan 10 faktor internal dan 10 faktor eksternal bisnis serta didapatkan empat alternatif strategi pengembangan bisnis berdasarkan faktor-faktor internal dan eksternal bisnis. Hasil perhitungan QSPM didapatkan alternatif strategi terbaik yaitu strategi WO (memanfaatkan perkembangan teknologi untuk pemasaran dan menggunakan pekerja outsourcing untuk memenuhi permintaan konsumen) dengan nilai tertinggi sebesar 6.516.


Keywords


UMKM; Strategi Bisnis; SWOT; QSPM

Full Text:

PDF

References


Azzahra, Q., Wahyuningtyas, R., Firli, A., Magister, P., Pjj, M., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2024). Marketing Strategy Analysis Using Swot And Qspm Matrix (Case Study On Guzzini Msmes). International Journal of Science. http://ijstm.inarah.co.id863

Ben Messaoud, H. E. (2022). A Review on the Importance of Strategic Planning in Business. International Journal of Economics and Management Studies, 9(7), 1–5. https://doi.org/10.14445/23939125/ijems-v9i7p101

BPS-Statistics Indonesia. (2022). Food and Beverage Service Activities Statistics 2020. In Food and Beverage Service Activities Statistics, 2019. BPS-Statistics Indonesia.

David, F. R. (2011). Strategic Management, Concepts and Cases. New Jersey: Pearson International Edition. (13th ed.). Pearson Education, Limited.

Fred R., D. (2011). Strategic Management Concepts and Cases (13th ed.). Prentice Hall.

Mallick, S. K., Rudra, S., & Samanta, R. (2020). Sustainable ecotourism development using SWOT and QSPM approach: A study on Rameswaram, Tamil Nadu. International Journal of Geoheritage and Parks, 8(3), 185–193. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijgeop.2020.06.001

Nor Safitri, R., Arbainah, S., & Dwi Karyanti, T. (2023). FORMULATION OF BUSINESS STRATEGY USING SWOT METHOD AND QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM): (CASE STUDY SURYA BOUTIQUE HOTEL SEMARANG). Applied Accounting and Management Review. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/AAMAR

Nourbakhsh, S. A., Hassanpour Darvishi, H., & Ebrahimi, H. (2023). Develop and prioritize domestic wastewater use scenarios with SWOT and QSPM analytical matrices — case study: Sabzevar City treatment plant. Desalination and Water Treatment, 285, 189–203. https://doi.org/10.5004/dwt.2023.29303

Oktari, R. S., Latuamury, B., Idroes, R., Sofyan, H., & Munadi, K. (2023). Knowledge management strategy for managing disaster and the COVID-19 pandemic in Indonesia: SWOT analysis based on the analytic network process. International Journal of Disaster Risk Reduction, 85, 103503. https://doi.org/10.1016/J.IJDRR.2022.103503

Limanseto, H. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. www.ekon.go.id

Prihartanti, D. D., & Pradhanawati, A. (2020). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA SIOMAY DAN BATAGOR SI BOSS SEMARANG /46/adbis/2020.

Rangkuti, F. (2006). Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=UHV8Z2SE57EC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Ropik, A., Danilyil, M. N., & Febriansyah, R. (2024). Analyzing Business Development Strategy, Using SWOT Analysis and QSPM (Case Study: UMKM Donut Yoga) (pp. 77–89). https://doi.org/10.2991/978-94-6463-492-1_8

Soeprapto, E. F., Partiwi, S. G., & Widyaningrum, R. (2023). A Framework Regarding The Drivers And Obstacles To The Development Of Craft SME Product Innovation Using QSPM Analysis. 214–223. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-202-6_30

Wang, Y., Xu, L., & Solangi, Y. A. (2020). Strategic renewable energy resources selection for Pakistan: Based on SWOT-Fuzzy AHP approach. Sustainable Cities and Society, 52, 101861. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.scs.2019.101861

Xie, J. (2017). SWOT Analysis of Cross-border E-commerce Development in China under the Background of Internet Plus. Proceedings of the 2017 International Conference on Economics, Finance and Statistics (ICEFS 2017), 26, 210–213. https://doi.org/10.2991/ICEFS-17.2017.20

Zulkarnaen, H. O., & Sutopo, S. (2013). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) MAKANAN RINGAN ( Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo ).




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.12.1.79-90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ