Analisis Pengaruh 4K dan 1H terhadap Pemilihan Pengiriman Barang di Papua Barat Daya
Abstract
Jasa pengiriman barang merupakan unsur penting didalam memenuhi kebutuhan pengiriman barang, saat ini banyak lahir perusahaan jasa pengiriman barang yang terus berkembang dan bersaing untuk merebut pasar. Sebagai pengguna online shop juga pastinya akan sangat bingung dan kesulitan dalam memilih jasa pengiriman barang mulai dari harga, pengemasan barang, lama pengiriman barang, banyaknya cabang, layanan sistem hingga membuat pengguna online shop bingung dalam memilih jasa pengiriman barang terbaik sesuai kebutuhan pengguna. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dan hubungan antara kualitas pengiriman, ketepatan pengiriman, kejelasan mekanisme pengiriman, keamanan (4K), dan harga pengiriman (1H) terhadap pemilihan jasa pengiriman oleh konsumen. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner terhadap 202 responden dari populasi konsumen pengguna jasa pengiriman. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hubungan antara variabel 4K dan 1H memiliki satu hubungan yang tidak signifikan yaitu ketepatan terhadap kualitas pengiriman, yang bisa mengindikasikan bahwa faktor ketepatan mungkin tidak sekuat faktor yang lain dalam mempengaruhi kualitas pengiriman, atau bisa jadi dipengaruhi oleh konteks atau karakteristik sampel yang digunakan dalam penelitian
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abror, A., Patrisia, D., Engriani, Y., Evanita, S., Yasri, Y., & Dastgir, S. (2020). Service quality, religiosity, customer satisfaction, customer engagement and Islamic bank’s customer loyalty. Journal of Islamic Marketing, 11(6), 1691–1705. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2019-0044
Ahmad Zikri, M. I. H. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera. In Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM) (Vol. 1, Issue 1, pp. 129–138). https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/download/3280/1109
Aleron, B., & Nurhadi, N. (2022). Pengaruh kualitas layanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna jasa ekspedisi j&t express yang dimoderasi oleh garansi. Forum Ekonomi, 24(2), 375–385. https://doi.org/10.30872/jfor.v24i2.10815
Ardila, L., & Irawan, B. (2022). Pengaruh Harga, Ketepatan Waktu Dan KualitasPelayananTerhadap Kepuasan Pengguna Jasa Ekspedisi J&T Express DiPatokbeusi Subang. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 3 (4), 480–493. https://ojs.stiami.ac.id/index.php/JUMABI/article/view/2519
Arief, M., Wahyudien, N., Histiarini, A. R., & Abdullah, A. S. (2021). Analysis of the Selection of Building Raw Material Suppliers Using the Analytical Hierarchy Process Method at CV. Saonek Raya. 6869. https://doi.org/10.23917/jiti.v22i2.23001
Bouranta, N., Psomas, E., Suárez-Barraza, M. F., & Jaca, C. (2019). The key factors of total quality management in the service sector: a cross-cultural study. Benchmarking, 26(3), 893–921. https://doi.org/10.1108/BIJ-09-2017-0240
Damaryanti, F., Thalib, S., & Miranda, A. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 50–62. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i2.253
Dewi, C., Bangun, A. A., & Susilowati, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. http://djournals.com/arbitrase/article/view/133
Dupont, L. (2018). Supplier selection under risk of delivery failure: a decision-support model considering managers’ risk sensitivity. International Journal of Production Research, 56(3), 1054–1069. https://doi.org/10.1080/00207543.2017.1364442
Fachreza, A. M., Arisman, A., & Barlian, B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Kepuasan Konsumen: Survey Pada Konsumen PT. Pos Indonesia. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial. https://melatijournal.com/index.php/jisma/article/view/151
Farooq, M. S., Salam, M., Fayolle, A., Jaafar, N., & Ayupp, K. (2018). Impact of service quality on customer satisfaction in Malaysia airlines: A PLS-SEM approach. Journal of Air Transport Management, 67, 169–180. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2017.12.008
Fatonah, H., Rani, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Jasa Pengiriman J&T Express Cabang Kedoya Raya 2. Jurnal Penelitian Bisnis. http://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/SAMMAJIVA/article/view/361
Fauzi, A., Maryadi, F., Afrillia, P., Armanda, F., & ... (2023). Pengaruh Permintaan Harga, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Transportasi Online. Jurnal Akuntansi. http://journal.admi.or.id/index.php/JAMAN/article/view/646
Febriyanti, P. I., Arief, M., Wahyudien, N., Kusrini, E., & Siswanto, A. A. (2022). Industrial Engineering Journal – System Analisa Proses Pelayanan JASTIP Dengan Metode Servqual Industrial Engineering Journal – System. 01(1), 1–10.
Handayani, E. N., & Pratama, E. Y. (2019). Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen. In Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana (Vol. 6, Issue 3). https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.235
Hasby, N. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman Terhadap Kepuasan Konsumen Jne Express Agen Pangkalan Mansyur. repository.uinsu.ac.id. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6689
Indah, D. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Barang PT. Citra Van Titipan Kilat Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jse/article/view/1292
Iriansyah, Y., Rachmadhani, M. M., & Nur, M. A. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air Yasir. Industrial Engineering Journal – System, 01(2), 1–15.
Jaya Sakti, B., & Manajemen, J. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, KetepatanWaktu Pengiriman Dan Fasilitas Terhadap KepuasanPelanggan. Diponegoro Journal of Management, 7(4), 1–8. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Jesry, M., Alhaj Omar, F., Rashwani, A., Bark, I., Jammo, K., Ajam, S., & Kassab, Z. (2022). Exploring the value of a risk-management quality-assurance model to support delivery of quality higher education in the conflict-affected northwest of Syria. International Journal of Educational Research Open, 3. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2022.100134
Linardi, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Online Shop Rl_Watch. Agora, 7(1), 5.
Maharani, O. R., Wijayanto, H., & Abrianto, T. H. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Pada Kepuasan Konsumen Dimoderasi Oleh Loyalitas (Study Kasus Pada Lipstcik Wardah). ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 97. https://doi.org/10.24269/iso.v4i1.418
Mardikaningsih, R. (2021). Pencapaian Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman Barang Melalui Harga, Ekuitas Merek, Dan Kualitas Pelayanan. Jurnal Baruna Horizon, 4(1), 64–73. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v4i1.58
Masitoh, M. R., Wibowo, H. A., & Ikhsan, K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Mobile Shopee. Sains Manajemen, 5(1). https://doi.org/10.30656/sm.v5i1.1515
Matos, P., Vieira, J., Rocha, B., Branquinho, C., & Pinho, P. (2019). Modeling the provision of air-quality regulation ecosystem service provided by urban green spaces using lichens as ecological indicators. Science of the Total Environment, 665, 521–530. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2019.02.023
Mevia, Y., Komariah, K. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Customer Retention. Management Studies. https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/726
Permana, A. I. (2020). Pengaruh Kualitas Website, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Minat Beli Pelanggan Di Situs Belanja Online Bukalapak. In Ekonomi Bisnis (Vol. 25, Issue 2, pp. 94–109). https://doi.org/10.33592/jeb.v25i2.422
Pillai, S. G. (2022). Online food delivery services and consumers’ purchase intention: Integration of theory of planned behavior, theory of perceived risk, and the elaboration likelihood model. International Journal of Hospitality Management, 105. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2022.103275
Prasetiyo, A. H., Rustamaji, D., Sumarni, S., & Nadhifah, N. I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Presepsi Harga Dan Kemampuan Berkomunikasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Jne Babat Lamongan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 463–472. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.614
Prihandoyo, C. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jne Cabang Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi, 10(1), 116–129. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i1.59
Puji Lestari, F. A. (2018). Pengaruh Web E-Commerce, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen. Sosio E-Kons, 10(1), 87. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2411
Putera, A. K. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen. Management Analysisi Journa[, 7(1), 111–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/20445
Qorika, E., Sidanti, H., & Kadi, D. C. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi Pospay PT. Pos Indonesia. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMA/article/view/3351
Rakhmalina, I., & Marsih, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Jne Cabang Sekayu. Jurnal Manajemen Kompeten, 4(2), 101. https://doi.org/10.51877/mnjm.v4i2.209
Randa, M., & Dewi, A. S. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap inovasi layanan pt. Pos indonesia sebagai upaya menjaga eksistensi di era persaingan. https://osf.io/preprints/ds38m/
Siburian, W., & Kartika, L. N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada J&T Express Di Perawang. http://journal.ukrim.ac.id/index.php/PFE/article/download/274/207
Sugiarsih Duki Saputri, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i1.1232
Supiyani, R., & Afridola, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen: Jurnal Ilmiah Multi Science, 11(01), 19–31. https://doi.org/10.52657/jiem.v11i01.1192
Yutiantoro, C. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, citra perusahaan dan kepercayaan terhadap keputusan penggunaan jasa pengiriman pada kantor pos kabupaten kebumen. http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/96/
Zahra, S., Tirta, Y. A. D., & Khoironi, T. A. (2022). Pengaruh Harga, Ketepatan Waktu Pengiriman, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Jasa Pengiriman Barang Shopee Express Di Kota. http://ncabet.conferencesbinabangsa.org/index.php/home/article/view/71
DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.12.1.131-142
Refbacks
- There are currently no refbacks.