PENERAPAN METODE 5S UNTUK MEMINIMASI WASTE MOTION PADA PROSES PRODUKSI KERUDUNG INSTAN DI CV. XYZ DENGAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING

Nadia Fairuz Havi, Marina Yustiana Lubis, Agus Alex Yanuar

Abstract


CV. XYZ merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang industri pakaian. Penelitian ini berfokus pada produksi kerudung instan. Berdasarkan data perusahaan, CV. XYZ tidak mampu mencapai target produksi sehingga adanya keterlambatan pengiriman produk kerudung instan pada periode pemesanan di tahun 2017. Permasalahan tersebut diindikasi adanya waste pada proses produksi. Dengan pendekatan lean manufacturing, dilakukan pemetaan dan identifikasi pada value stream mapping dan process activity mapping. Pada pemetaan value stream mapping didapatkan nilai lead time pembuatan kerudung instan sebesar 4727,55 detik. Dan pada identifikasi process activitymapping didapatkan adanya waste motion sebesar 24% pada proses produksi kerudung instan. Sehingga perlu adanya suatu perbaikan untuk meminimasi waste motion yang terjadi pada proses produksi kerudung instan. Selanjutnya mengindentifikasi akar penyebab waste motion menggunakan tools lean manufacturing, yaitu fishbone diagram dan 5 whys. Pada tahap selanjutnya untuk menyelesaikan penyebab dari waste motion adalah dengan menerapkan metode 5S. Pada usulan rancangan perbaikan untuk meminimasi waste motion adalah dengan menerapkan seiri, seiton, seiso, seiketsu, dan shitsuke hampir di seluruh workstation. Dari usulan rancangan perbaikan yang dibuat, kemudian memetakan proses produksi pada value stream mapping future state dan didapatkan hasil lead time  yang berkurang menjadi 4561,60 detik.


Keywords


Lean Manufacturing; Value Stream Mapping;Process Activity Mapping; Waste Motion; 5S

Full Text:

PDF

References


Anthony, J., Vinodh, S. and Gijo, E. U. 2016 Lean Six Sigma for Small and Medium Sized Enterprises Boca Raton: CRC Press.

Charron, R. et al. 2015 The Lean Management System handbook. Boca Raton: CRC Press.

Franchetti, M. J. (2015) ‘Lean Six Sigma for Engineers and Managers: With Applied Case Studies’, Quality Management Journal. Boca Raton: CRC Press.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.5.2.123-130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Copyright of JISI UMJ: Jurnal Integrasi Sistem Industri (e-ISSN:2550-083X, p-ISSN:2355-2085).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 International License

Statistik Jurnal
Powered by Puskom-UMJ