USULAN KEBIJAKAN PERSEDIAAN PADA PERISHABLE PRODUCT UNTUK MEMINIMASI OVERSTOCK DAN BIAYA PEMBEKUAN PRODUK DI CV.XYZ

Akbar Muflih Z

Abstract


CV.XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pemotongan ayam yang memproduksi ayam broiler yang terdiri dari beberapa jenis produk yaitu ayam karkas, ayam parting (paha atas, paha bawah, dada, dan sayap) danayam beku. Pada CV.XYZ penjualan produk beku (sisa) sangat banyak dan merugikan perusahaan karena biaya pembekuan yang tinggi.Banyaknya penjualan produk beku terjadi karena peramalan permintaan yang tidak akurat dan perusahaan juga belum memiliki kebijakan persediaan yang tepat dan pengambilan keputusan dalam menentukan jumlah pemesanan bahan baku. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, digunakan metode peramalan single moving average dan single exponential smoothing karena data permintaan memiliki plot horizontal dan memiliki kesalahan peramalan terkecil. Data peramalan menjadi input untuk optimasi model matematika yang memiliki fungsi tujuan memaksimasi profit. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan jumlah pemesanan ayam hidup yang optimal untuk minggu ke 1 sampai minggu ke 4 adalah 57263, 84910, 101753 dan 100557 kg ayam. Sehingga didapatkan profit sebesar Rp.59.485.152 lebih banyak 1% dari kondisi awal dan biaya pembekuan turun sebanyak 23%.


Keywords


kebijakan persediaan; produk beku;single moving average; single exponential smoothing; optimasi model matematika

Full Text:

PDF

References


Ali, S. S., Madaan, J., Chan, F. T., & Kannan, S. (2012). Inventory management of perishable products: a time decay linked logistic approach.

Chapman, S. N. (2006). The Fundamental of Production Planning and Control. New Jersey: Pearson.

Chapman, S. N., Arnold, J. T., Gatewood, A. K., & Clive, L. M. (2017). Introduction to Materials Management (8th ed.). Pearson Education.

Frechtling, D. C. (2001). Forecasting Tourism Demand : Methods and Strategies. Oxford: Elsevier.

Heizer, J., Render, B., & Munson, C. (2017). Principles of Operations Management Sustainability and Supply Chain Management. London: Pearson.

Idiyanto, R. (2008). Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Klaten: Yayan Humaniora.

Luong, H. T., & Rubayet, K. (2016). An integrated production inventory model of deteriorating items subject to random.

Mesian, I. D., Osorio, F. A., & Ramirez, J. D. (2017). Inventory Supply Model for Perishable Products - The Calicarnes Case. (pp. 564-573). Bogota: IEOM Society International.

Rangkuti, F. (2004). Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Sazvar, Z., Al-e-hashem, S. M., Govindan, K., & Bahli, B. (2016, April). A novel mathematical model for a multi-period, multi-product optimal ordering problem considering expiry dates in a FEFO system. 232-261.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.6.1.1-10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ