PENGEMBANGAN KONTEN E-LEARNING MENGGUNAKAN DESIGN SPRINTPADA MATA KULIAH MANAJEMEN PROYEK (TOPIK: PROJECT INTRODUCTION)

Kenanda Ardhenariswari Subagya, Devi Pratami, Muhammad Azani Hasibuan

Abstract


e-Learning bukan merupakan sesuatu hal yang baru. Banyak Universitas di seluruh dunia sudah menerapkan e-Learning sejak beberapa tahun yang lalu. Mahasiswa Teknik Industri Universitas X merasa bahwa materi kursus Manajemen Proyek banyak. Adapun hasil feedback menunjukkan adanya kebutuhan terhadap e-Learning untuk mendukung para mahasiswa untuk belajar materi yang banyak. Banyak studi mediskusikan mengenaiperancangane-Learning, namun masih sedikit sekali yang membahas mengenai bagamana cara mendesain konten e-Learning. Metode yang digunakan pada studi ini adalah Design sprint yaitu sebuah framework dari metode agile. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk merancang konten e-Learning dalam mata kuliah Manajemen Proyek terutama dalam bab Project introduction dengan metode Design sprint. Penulis menggunakan metode Design sprint untuk mengembangkan konten. Tak hanya itu, penulis juga ingin menilai mahasiswa dengan soal kuis yang sesuai. Pertanyaan-pertanyaan terkait soal kuis disesuaikan dengan hasil pencapaian (Learning outcome) berdasarkan Backward design dan Bloom’s Taxonomy. Video pembelajaran pada bab ini diujikan and hasilnya menunjukkan bahwa terdapat kenaikan nilai sebanyak 61% dari pemahaman siswa. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa e-Learning dapat membantu mahasiswa untuk belajar and meningkatkan pemahaman mereka.


Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Banfield, R., Lombardo, C. T., & Wax, T. 2015. Design sprint: A Practicial Guidebook for Building Great Digital Products.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. 2007. Sampling. In Research Methods in Education (p. 101). New York: Taylor & Francis e-Library.

Gilbert, & Jones, M. G. 2001. E-Learning is e-normous. In Electric Perspectives (p. 26).

Hootsuite. 2018. Snapshot of The Indonesia's Key Digital Statistical Indicators. Retrieved from https://hootsuite.com/id/pages/digital-in-2018

Horton, W. 2006. e-Learning by Design. 989 Market Street, San Fransisco: Pfeiffer.

Iqbal, M., Pratami, D., & Puspita, I. A. 2015. FRAMEWORK FOR E-LEARNING CONTENT DEVELOPMENT ON FACILITY PLANNING SUBJECT. Proceeding 8th International Seminar on Industrial Engineering and Management.

Martinez, W., Threatt, A. L., Rosenbloom, S. T., Wallston, K. A., Hickson, G. B., & Elasy, T. A. 2018. A Patient-Facing Diabetes Dashboard Embedded in a Patient Web Portal: Design sprint and Usability Testing. JMIR Human Factors.

Mc.Tighe, J., & Thomas, R. S. 2003. Backward design for Forward Action. In Educational Leadership.

Richard, J. C. 2013. Curriculum Approaches in Language Teaching: Forward, Central, and Backward design. RELC Journal, 16.

School of Computer Science and Engineering Nanyang Technological University. 2017. SCSE E-Learning week. Retrieved April 10, 2018, from http://scse.ntu.edu.sg/Programmes/CurrentStudents/Pages/elearning.aspx

Surjono, H. D. 2010. Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.6.2.107-116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ