ANALISIS TURBIDITY TERHADAP DOSIS KOAGULAN DENGAN METODE REGRESI LINEAR (STUDIKASUS DI PDAM TIRTA MUSI PALEMBANG)

Rizka Mayasari, Merisha Hastarina, Eka Apriyani

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang pengolahan air baku dengan menggunakan koagulan Aluminium Sulphate dan Poly Aluminium Chlorida (PAC) jenis padat dan cair di intake 1 Ilir PDAM Tirta Musi Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan hubungan antara dosis koagulan terhadap turbidity dengan menggunakan metode Regresi Linier. Analisis regresi linier perlu dilakukan untuk menguji kekuatan hubungan antara dosis koagulan sebagai variabel independen dengan variabel dependen (turbidity) air baku di Intake 1 Ilir. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara penambahan dosis koagulan Aluminium Sulphate terhadap turbidity dengan nilai korelasi sebesar -0,951. Begitu juga dengan penambahan dosis koagulan PAC jenis padat dan cair yang mendapatkan hasil signifikan mendekati -1 yaitu -0,952 dan – 0879. Dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang sangat kuat dan negatif antara penambahan dosis koagulan terhadap turbidity pada ketiga jenis koagulan ini. Hubungan negatif menunjukkan bahwa semakin banyak dosis koagulan yang ditambahkan maka semakin menurunkan nilai turbidity air baku.


Full Text:

PDF

References


Anonim. 1990. “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 416/MENKES/PER/IX/1990 tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air”. Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Eddy, Mt. Calf. (2001). “Waste Water Treatment”. New York : McGraw-Hill Book Company.

Fitria,Dina dan Puji,Muhni. (2015). Inverter Motor Pompa Pada PDAM Tirta Musi Palembang. Jurnal Desiminasi Teknologi, Volume 3,No 1.

John Wiley & Sons, Inc. 2001. “Handbook of Public Water Systems Second Edition“. Kanada : HDR Engineeringm Inc.

Jonathan, Sarwono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kepmenkes No. 492/Menkes/Per/IV/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

Margareta, Rizka Mayasari, dkk. (2012).Pengaruh Kualitas Air Baku Terhadap Dosis Dan Biaya Koagulan Aluminium Sulfat Dan Poly Aluminium Chloride. Jurnal Teknik Kimia, No.4, Vol.18. Palembang : Fakultas Teknik, UNSRI.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2001, Kriteria Air Baku.

Siregar Syofian. (2015). Statistika Terapan Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta : Prenandanedia Group.

Tebbut, THY. 1992. “Principles of Water Quality Control 4th Edition “. Oxford : Pergamon Press.

Winarni. (2003). “Koagulasi Menggunakan Alum dan PAC dalam Jurnal Teknologi Vol 7 No. 3 Desember 2003 “.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.6.2.117-125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ