PENINGKATAN KONTROL KUALITAS SISTEM INCOMING DAN TRADING MELALUI METODE DMAIC: STUDI KASUS PT. XYZ SURABAYA

Gabriella Axelina Limantara, Regasia Marthadara Singkali, Shania Paramitha Kusuma, Monica Iko Marita, Chelsy Sandrina Clarita Anen

Abstract


PT. XYZ merupakan perusahaan yang memproduksi kemasan untuk berbagai merk kosmetik dan perawatan tubuh. Dalam pemenuhan tingkat permintaan konsumen, PT. XYZ terkadang melakukan pembelian material dari perusahaan lain yang disebut dengan sistem incoming dan trading. Sebanyak 39 kali frekuensi pembelian produk incoming dan trading tidak memenuhi spesifikasi kualitas pada tahun 2019. Hal inilah yang mendasari tujuan penelitian ini, yaitu menemukan penyebab produk tidak memenuhi spesifikasi dan memberikan upaya perbaikan untuk meningkatkan kualitas dari produk incoming dan trading pada PT XYZ. Penelitian ini menggunakan metode six sigma dengan konsep DMAIC. Dengan menggunakan diagram Pareto diketahui bahwa jenis kecacatan visual dan fungsi menjadi prioritas perbaikan. Selanjutnya perbaikan difokuskan pada penyebab kecacatan dengan nilai RPN terbesar, yaitu jumlah sample tidak sesuai standar yang disebabkan karena terbatasnya waktu untuk melakukan inspeksi. Perbaikan yang dilakukan adalah dengan mengurangi beban kerja operator sebanyak 30%, dengan tujuan agar operator memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan inspeksi. Perbaikan yang dilakukan ini berhasil mengurangi beban kerja operator dari 70,04% menjadi 49,55%.


Full Text:

PDF

References


Arif, R. (2008). Analisis Beban Kerja dan Jumlah Tenaga Kerja Optimal pada bagian Produksi dengan Pendekatan Metode Workload Analysis (WLA) di PT Surabaya Perdana Rotopack (Tesis S1). Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Surabaya.

Bachtiar, R.P & Herliansyah, M.K. (2016). Aplikasi Metode Day In Life Of (DILO) untuk Studi Kerja di Departemen Quality Control PT. Kievit Indonesia (Tesis S1). Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Retrieved from http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/99945.

Brue, G. (2002). Six Sigma for Manager. Jakarta: Canary.

Caesaron D., dkk. (2015). Implementasi Pendekatan DMAIC untuk Perbaikan Proses Produksi Pipa PVC (Studi Kasus PT. Rusli Vinilon). Jurnal Metris, 91-92.

Dasgupta, P.R. (2013). Volatility of Workload on Employee Performance and Significance of Motivation. International Journal of Applied Research and Studies (iJARS), 2-5.

Gaspersz, V. (2001). Metode Analisis Untuk Peningkatan Kualitas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gaspersz, V. (2007). Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kholil, M. & Pambudi, T. (2013). Implementasi Lean Six Sigma dalam Peningkatan Kualitas dengan Mengurangi Produk Cacat NG DROP di Mesin Final Test Produk HL. 48 Di PT. SSI. Jurnal Pasti Vol.8(1), 15. Universitas Mercubuana, Jakarta.

Korripadu, M., & Venkatta, S. (2014). Productivity Improvement by Applying DILO (Time and Motion) and Lean Principles. Journal of Engineering Research and Applications Vol. 4(3), 12-14.

Kurnia, A. (2015). Konsep Dasar Workload analysis. Presented at the Pelatihan Beban Kerja, ILP Centered Building, Jakarta.

Wibisono, Y.Y., & Suteja, T. (2013). Implementasi Metode DMAIC-Six Sigma dalam Perbaikan Mutu di Industri Kecil Menengah: Studi Kasus Perbaikan Mutu Produk Spring Adjuster di PT.X. Seminar Nasional IENACO. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/3559/Paper%20IENACO-43.pdf;sequence=1.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.8.1.13-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ