UPAYA MENGURANGI WASTE PADA PRODUKSI KERUDUNG DENGAN PENERAPAN METODE LEAN SIX SIGMA DI UMKM ARRYNA RAYA

Cholifaturochmah Cholifaturochmah, Dzakiyah Widyaningrum, Moh. Jufriyanto

Abstract


UMKM Arryna Raya merupakan salah satu industri rumahan yang ada di Kabupaten Gresik. UMKM Arryna Raya memproduksi berbagai jenis kerudung yaitu, kerudung orang dewsa, anak, pashmina instaan diamond dan bergo maryam diamond tali. Pada proses produksi terutama proses pembuatan kerudung terdapat adanya permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi waste yang terjadi pada proses produksi, menganalisa faktor penyebab waste serta memberikan rekomendasi perbaikan untuk meminimalkan waste. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lean Six Sigma yang merupakan gabungan dari Lean dan Six Sigma untuk mengidentifikasi dan mengurangi pemborosan. Pada penelitian ini digunakan tahapan DMAIC sesuai dengan prosedur Six Sigma. Diantara tujuh pemborosan yang teridentifikasi dalam proses produksi pembuatan kerudung yaitu defect, waiting, inventory, transportasi dan process. Diusulkan rekomendasi perbaikan pada penelitian ini mkerupakan hasil identifikasi critical to waste yang telah dianalisis menggunakan digram sebab-akibat (fishbone diagram) dan FMEA untuk menentukan waste mana yang menjadi prioritas diberikan rekomendasi perbaikan. Dari hasil perhitungan RPN terdapat 3 waste yang memiliki nilai tertinggi yaitu waste defect, waste waiting dan waste transportation. Rekomendasi perbaikan yangb diusulkan untuk ketiga waste tersebut adalah mengganti material bahan baku yang lebih bagus, perawatan mesin secara berkala dan mengubah layout mesin produksi.


Keywords


Waste;Lean Six Sigma; DMAIC, FMEA; Fishbone Diagram

Full Text:

PDF

References


Assauri, S. (1998). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Gaspersz, V. (2007). Lean Six Sigma For Manufacturing and Service Industries. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gaspersz, V. (2011). Lean Six Sigma For Manufacturing and Service Industries Waste Elimination and Continous Cost Reduction. Bogor: PT. Vinchristo Publication.

Hines, & Rich. (1997). The Seven Value Stream Maping Tools. International Journal of Industrial Engineering and Operations Management, Vol. 17, No. 1, 46-64.

Hines, P., & Rich, N. (2000). Value Stream Management. Great Britain: Prentice Hall.

Hines, P., & Taylor. (2000). Going Lean. UK: Proceeding of Lean Enterprise Research Centre Curdiff Bussines.

Pusporini, P., & Andesta, D. (2009). Integrasi Model Lean Sigma Untuk Peningkatan Kualitas Produk. Jurnal Teknik Industri, Vol. 10, No. 2, 91-97.

Sari, D. P., & Ropenti, S. (2016). Aplikasi Pendekatan Six Sigma dan Kaizen Untuk Peningkatan pada Proses Produksi Botol Minum Plastik Tipe CB 061 di PT. AMP Demak. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 353-360.

Tunggal, A. W. (2009). Dasar-Dasar Operations and Supply Chain Management. Jakarta: Harvarida.

Wahyuni, & Chobir. (2010). Penerapan Metode Six Sigma dengan Konsep DMAIC Sebagai Alat Pengendalian Kualitas. Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.24853/jisi.9.1.37-45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ