PENGARUH LATIHAN PASSING AKTIF SEGITIGA DAN SEGIEMPAT TERHADAP KETEPATAN PASSING PEMAIN PADA TIKI TAKA FUTSAL AKADEMI JAKARTA
Abstract
Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh anggapan bahwa latihan passing aktif segitiga dan segiempat akan menentukan hasil ketepatan passing pemain. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Latihan passing aktif segitiga dan segiempat terhadap ketepatan passing pemain pada Tiki Taka Futsal Akademi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Two Group Prettest-Posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah pemain pada Tiki Taka Futsal Akademi sebanyak 16 pemain. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis uji t pada kelompok A diperoleh nilai t hitung (17,102) > t tabel (2,36), dapat disimpulkan ada pengaruh Latihan passing aktif segitiga terhadap ketepatan passing pemain pada Tiki Taka Futsal Akademi. Hasil analisis uji t kelompok B diperoleh nilai t hitung (9,029) < t tabel (2,36), dapat disimpulkan ada pengaruh latihan passing aktif segiempat terhadap ketepatan passing pemain pada Tiki Taka Futsal Akademi. Berdasarkan presentase peningkatan dapat disimpulkan ketepatan dengan latihan passing aktif segitiga (23,34%) mempunyai peningkatan lebih besar dibandingkan latihan passing aktif segiempat (14,36%). Hasil penelitian ini semoga bermanfaat kepada pihak-pihak terkait.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisuyanto.B. (2009). Cerdas Dan Bugar Dengan Senam Lantai. Indonesia: PT. Gramedia Widiasarana.
Agusta, Hendra. (2009). Pola Gerak Dalam Senam 1. Jakarta: CV Ipa Abong.
Kasim, M. (2010). Metode Penelitian.
Yogyakarta: UIN Maliki Press.
Madijono, Sapto,. (2010). Bergembira dengan Senam. Semarang: Aneka Ilmu.
Mahmudi. (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Jurnal STIE YKPN
Mulyasa, E.(2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Sabar Muljana dan Yunus, D. (2020). Modul Pembelajaran SMP Terbuka PJOK Kelas VII. Jakarta: KEMENDIKBUD.
Samsudin (2008) Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan.
Sudono, Anggani, (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Gramedia
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, Budi dan Khafadi, Muhammad Bazin. (2010). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2. Surakarta: CV. Putra Nugraha
Tadkriroatun Musfiroh. (2015). Modul 1 Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tedja Saputra Mayke S. (2005). Bermain, Mainan dan Permainan untuk Anak Usia Dini. Jakarta : Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.24853/jsi.v1i2.21997
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher :
Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)
Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat
View My Stats