EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN HYBRID PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (STUDI KASUS DI MIN 12 BANDAR LAMPUNG)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya program pembelajaran secara hybrid yang diterapkan di dunia pendidikan, pesatnya intepretasi penggunaan media audio visual dalam dunia pendidikan, serta adanya kendala perihal pembelajaran pendidkan jasmani dan olahraga. Sehingga penutlis tergerak untuk meneliti efektivitas pembelajaran hybrid pendidikan jasmani dan olahraga menggunakan media audio visual. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti tentang efektivitas pembelajaran hybrid pendidikan jasmani dan olahraga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat efektivitas pembelajaran hybrid pendidikan jasmani dan olahraga menggunakan media audio visual kelas 5 dan 6 di MIN 12 Bandar Lampung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji f sebesar 51,815 lebih besar dari F tabel sebesar 3,99. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran hybrid pendidikan jasmani dan olahraga disokong oleh penggunaan media audio visual di kelas 8 dan 9 MIN 12 Bandar Lampung. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait yang dapat memanfaatkan seperti kepala sekolah, guru, orang tua, dan siswa, serta peneliti selanjutnya
Article Details
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Aditya, A. (2021). Implementasi Pembelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19.
Arsyad. (2011). Media Pembelajaran Audio Visual. Semarang : Gramedia.
Kadaruddin. (2016). Buku Referensi Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish.
Palagan, G. P., Fisher, B., & Darto. 2018. Analisis Data Statistik Menggunakan SPPS. Cirendeu : UM Jakarta Press.
Yudhi, Munadi (2013). Media Pembelajaran. Jakarta : GP Press Group