PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA

Isi Artikel Utama

Leonardo Prakoso Sinaga

Abstrak

Penelitian ini yang dilatarbelakangi oleh kedisiplinan siswa yang bermasalah, misalnya datang terlambat, ribut waktu belajar dan bermain saat jam belajar. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru pendidikan jasmani, serta hambatan dan solusi dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPK Penabur Gading Serpong, mulai dari bulan Oktober 2018 hingga Februari 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru pendidikan jasmani dalam meningkatkan disiplin belajar siswa yaitu sebagai komunikator, motivator, fasilitator. Hambatan yang dihadapi dalam pendisiplinan siswa yaitu sikap individu siswa yang sering mengganggu teman, becanda dan mengobrol. Hambatan tersebut diselesaikan oleh guru dengan cara melakukan peneguran, arahan dan pemberian reward terhadap siswa yang telah melakukan sikap disiplin. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi para guru dalam meningkatkan disiplin siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Moleong. L.J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahayu, Trisna. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta

Soenarjo. 2002. Usaha Kesehatan Sekolah Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Seri B 87.

Sugiono, 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Prilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.