PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini yang dilatarbelakangi oleh kedisiplinan siswa yang bermasalah, misalnya datang terlambat, ribut waktu belajar dan bermain saat jam belajar. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru pendidikan jasmani, serta hambatan dan solusi dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPK Penabur Gading Serpong, mulai dari bulan Oktober 2018 hingga Februari 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru pendidikan jasmani dalam meningkatkan disiplin belajar siswa yaitu sebagai komunikator, motivator, fasilitator. Hambatan yang dihadapi dalam pendisiplinan siswa yaitu sikap individu siswa yang sering mengganggu teman, becanda dan mengobrol. Hambatan tersebut diselesaikan oleh guru dengan cara melakukan peneguran, arahan dan pemberian reward terhadap siswa yang telah melakukan sikap disiplin. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi para guru dalam meningkatkan disiplin siswa.
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Referensi
Moleong. L.J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahayu, Trisna. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta
Soenarjo. 2002. Usaha Kesehatan Sekolah Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Seri B 87.
Sugiono, 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Prilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.