MENINGKATKAN TEKNIK DASAR PASSING FUTSAL SISWA DENGAN METODE DRILL VARIASI SMALL SIDED GAMES

Main Article Content

Zuhdi Rafli Fauzan
Muhammad Ishaq Gery

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Drill dengan Small Sided Games terhadap peningkatan teknik dasar passing futsal siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental dengan menggunakan pre dan post-test sebagai instrumen pengumpulan data. Penelitian dilakukan di SMP Bakti 17 Jakarta. Total sampelnya adalah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, dipilih siswa ekstrakurikuler futsal sebagai sampel. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan; nilai rata-rata pre-test siswa adalah 66,60. sedangkan nilai rata-rata post-test siswa adalah 82,80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai to (22,394) lebih besar dari ttabel (2,064) pada taraf signifikansi 5% (0,05). Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Metode Drill dengan Small Sided Games dapat meningkatkan teknik dasar passing futsal siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Aswadi. (2015). Penelitian tentang Perkembangan Cabang Olahraga Futsal di Kota Banda Aceh Tahun 2007-2012. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 1(1), 38–44.

Hill-Haas, S. V., Dawson, B., Impellizzeri, F. M., & Coutts, A. J. (2011). Physiology of small-sided games training in football: A systematic review. Sports Medicine, 41(3), 199–220.

https://doi.org/10.2165/11539740- 000000000-00000

Krisma, A. (2008). Studi tentang Prasarana dan Sarana Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama Negeri dan Swasta Se- Kecamatan Wonogiri tahun 2008.

Lhaksana, J. (2011). Taktik dan Strategi Futsal Modern. Be Champion, 5.

Santoso, N. (2014). Tingkat Keterampilan Passing-Stoping dalam Permainan Sepakbola pada Mahasiswa Pjkr B Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10(2), 43.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.