PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA

Lucky Nugroho, M. Al Ghani, Muhammad Aspar, Galang Prakarti Mahardika

Abstract


Penelitian ini yang dilatarbelakangi oleh kedisiplinan siswa yang bermasalah, misalnya datang terlambat, ribut waktu belajar dan bermain saat jam belajar. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru pendidikan jasmani, serta hambatan dan solusi dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Al-Quraniyyah, mulai dari bulan Oktober 2016 hingga Februari 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru pendidikan jasmani dalam meningkatkan disiplin belajar siswa yaitu sebagai komunikator, motivator, fasilitator. Hambatan yang dihadapi dalam pendisiplinan siswa yaitu sikap individu siswa yang sering mengganggu teman, becanda dan mengobrol. Hambatan tersebut diselesaikan oleh guru dengan cara melakukan peneguran, arahan dan pemberian reward terhadap siswa yang telah melakukan sikap disiplin. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi para guru dalam meningkatkan disiplin siswa.

 


Keywords


Pendidikan Jasmani, Metode Kualitatif, Disiplin

Full Text:

PDF

References


Moleong. L.J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahayu, Trisna. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta

Soenarjo. 2002. Usaha Kesehatan Sekolah Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Seri B 87.

Sugiono, 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Prilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia




DOI: https://doi.org/10.24853/js.v2i1.7623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

gs 

 

Publisher :

Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)

Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat

 

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ