PERANCANGAN PENGAMAN PINTU RUMAH BERBASIS SIDIK JARI MENGGUNAKAN METODE UML

Anton Yudhana, Sunardi Sunardi, Priyatno Priyatno

Abstract


Kunci pintu regular rentan terhadap resiko ketinggalan atau kehilangan di suatu tempat. Fenomena tersebut menjadikan banyak manusia untuk menjaga baik baik kunci rumah tersebut. Belum banyak orang yang memikirkan bahwa pada diri seseorang terdapat kunci yang sangat istimewa yaitu dari sidik jari tangan terdapat kunci alami yang dapat digunakan sebagai salah satu kunci rumah tanpa harus terjadi resiko kelupaan atau kehilangan, sidik jari manusia yang satu dengan yang lainnya tidak akan sama karena pembentukan garis pada jari manusia terjadi dari proses pembentukan embrio. Bahan dan alat yang digunakan dari finger print C 3 sebagai komponen input yang akan diolah oleh Arduino Uno ATMega 328. Hasil percobaan dari rancangan ini selenoid akan membuka dengan cara bekerja maju dan mundur setelah diberikan arus 5 volt.


Keywords


Sensor finger print C3, Selenoid, Arduino Uno ATMega 328

Full Text:

PDF

References


Alfien S, R. S. (2014). Aplikasi Absensi Siswa Menggunakan Sidik Jari di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Manado. e-jurnal Teknik Elektro dan Komputer.

Andi Setiono, P. P. (2010). Pembuatan Dan Uji Coba Data Logger Berbasis Mikrokontroler Atmega32 Untuk Monitoring Pergeseran Tanah. Jurnal Fisika, 87.

Annisa Ainur, J. H. (2010). Pola Sidik Jari Anak-Anak Normal di SD Budi Mulia Dua Yogyakarta. JKKI.

Campbel, N. A. (2002). Biologi Edisi Ke-V Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Eni Yuliza, T. U. (2015). Alat Keamanan Pintu Brankas Berbasis Sensor Sidik Jari Dan Password Digital Dengan Menggunakan Mikrokontroller Atmega 16. Media Infotama .

Fraden, J. (2003). Handbook of Modern Sensor : Third Edition. California.

Helmi Guntoro, Y. S. (2013). Rancang Bangun Magnetic Door Lock Menggunakan Keypad Dan Solenoid Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Electrans, 41.

Husnibes Muchtar, A. H. (2017). Implementasi Wavecom Dalam Monitoring Beban Listrik. JurTek UMJ.

Olivier G. (1969). Practical Anthropology. Charles C Thomas Publisher.

Pratama Johansah Endaryono, H. M. (2014). Rancang Bangun Sistem Pembayaran Mandiri Pada Wahana Permainan. Jcones, 72.

Yogie El Anwar, N. S. (2015). Prototype Penggerak Pintu Pagar Otomatis Berbasis Arduino Uno ATmega 328P Dengan Sensor Sidik Jari. Electrician.




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.10.2.131-138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi Indexed by:

Directory of Open Access JournalGoogle ScholarRoadIndonesia Scientific Journal Database (ISJD)Index Copernicus International (ICI)Garba Rujukan Digital(Garuda)CrossrefScience and Technology Index (SINTA)Directory of Research Journal Indexing (DRJI)CiteFactorResearchgateIndonesia One SearchAcedemia.eduResearchBibAcademickeysBielefeld Academic Search Engine (BASE)JifactorPKP IndexSherpa romeoworldcat


Copyright of Jurnal Teknologi (e-ISSN:2460-0288, p-ISSN:2085-1669).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ