APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DENGAN METODE FRAMEWORK OF DYNAMIC CRM

Rully Mujiastuti, Riska Dwi Haryani

Abstract


Dewasa ini, kebutuhan informasi yang cepat, tepat, dan up to date begitu diperlukan oleh banyak pihak. Salah satunya adalahbagian penjualan pada sebuah perusahaan. Untuk itu dibutuhkan teknologi informasi yang berkualitas dan mampu memenuhi kebutuhan yang ada, agar pengaksesan dan pemrosesan informasi yang lebih efektif dan efisien. Hal ini dilakukan agar penjualan dapat meningkat. Salah satu teknologi informasi yang dapat digunakan saat ini adalah Customer Relationship Management (CRM). Melalui Framework of Dynamic CRM sebagai salah satu fitur yang terdapat pada CRM, menjelaskan serangkaian tahapan pada pembangunan/penerapan CRM. Tujuan terpentingnya adalah diperolehnya informasi kepuasan pelanggan yang berasal dari customer sehingga diperoleh output berupa Relationship Commitment (hubungan yang memiliki komitmen), yaitu pelanggan yang loyal kepada perusahaan.

Keywords


Customer Relationship Management (CRM), kepuasan pelanggan

Full Text:

PDF

References


Adi Nugroho , ST, MMSI, Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java, Andi Publisher, 2010

James G. Barnes, Secret of Customer Relationship Management,Andi Yogyakarta, 2003

Rochaety Eti, Z. Faizal Ridwan, Tupi Setyowati, Sistem Informasi Manajemen edisi 2, Mitra Wacana Media, 2012

Teti Wijayanti, Imam Azhari, Pengembangan Customer Relationship Management Berbasis Web, 2013

www. codelobster.com, Code Lobster PHP Edition




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.6.1.33-46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ