IMPLEMENTASI NODEMCU DALAM PROTOTIPE SISTEM PEMBERIAN PAKAN AYAM OTOMATIS DAN PRESISI BERBASIS WEB

Deni Kurnia, Vina Widiasih

Abstract


Saat ini sistem otomasi sudah banyak diimplementasikan dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang peternakan. Penelitian yang dilakukan dalam bidang ini diantaranya tentang pengontrolan sistem otomasi pemberian pakan ayam menggunakan mikrokontroler ATMega8535 atau Arduino yang dikombinasikan dengan aplikasi fuzzy dan smartphone yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pekerjaan para peternak. Disatu sisi, pesatnya pengguna internet di Indonesia telah membuka potensi para peneliti untuk melakukan pengintegrasian pengontrolan berbasis web. Kondisi ini dapat diakomodasi oleh NodeMCU sebagai mikrokontroler yang terintegrasi dengan WiFi shield. Namun, sampai saat ini belum ada penelitian yang mengimplementasikan NodeMCU dalam sistem otomasi peternakan berbasis web. Sehingga kondisi tersebut menjadi dasar dilakukannya penelitian ini. Luaran penelitian ini adalah untuk membuat prototipe sistem otomasi pemberian pakan ternak berbasis web mengunakan NodeMCU. Diharapkan hasil penelitian ini dapat diimplementasikan untuk membantu para peternak ayam agar hasil panennya menjadi optimal,  dengan pola pekerjaan yang efektif dari segi waktu dan eifisien dari segi finansial. Hasil penelitian menunjukkan sistem dapat bekerja dengan baik. Data menunjukkan, terjadi peningkatan efisiensi yang cukup signifikan dalam penggunaan pakan tanpa mengurangi bobot ternak pada saat panen dilakukan. Untuk implementasi skala yang lebih besar, diperlukan penelitian lanjutan dalam mendesain sistem yang mampu mengakomodasi kebutuhan peternakan dengan parameter pengontrolan yang lebih kompleks.


Keywords


Web Monitoring, NodeMCU ESP8266, Automation System, WiFi Shield

Full Text:

PDF

References


Destiara, A.,(2017) . Sistem Pemberi Pakan Ayam Terjadwal Menggunakan Modul WiFi. Politeknik Negeri Bandung.

Fitriastuti, F., & Prasetyo, A. A. (2013). Sistem Otomatisasi Pemberian Minum Ayam Ternak Berbasis Mikrokontroler AT89s52. Jurnal Jurusan Teknik Infomatika, Fakultas Teknik, Universitas Janabadra, Yogyakarta.

Jayatun, A. (2017). Sistem Pakan Ayam Otomatis dengan Energi Terbarukan. Prosiding Seminar Nasional ReTII.

Kurniawan Yuda, A. (2016). Alat Pemberi Pakan dan Minum Otomatis pada Kandang Ayam Sistem Tertutup Berbasis RTC DS1307. Politeknik Negeri Padang.

Kurniawan, C., & Huda, M. (2018). Perancangan Farm Feedding System dengan Smartphone untuk Ayam Petelur Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno.

Permitasari, A. E., & Sutanto, H. (2013). Pembuatan Software Monitoring Alat Pemberi Pakan dan Minum Unggas Secara Otomatis Menggunakan Borland Delphi 7.0. Universitas Diponegoro.

Ridhamuttaqin, A. (2013). Rancang Bangun Model Sistem Pemberi Pakan Ayam Otomatis Berbasis Fuzzy Logic Control. Electrician, 7(3), 125-137.

Setyadjit, K., & Mujiono, T. (2007). Otomatisasi Pemberian Pakan Ayam Petelor Berbasis Fuzzy Logic. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Sidik, M. A., Negara, T. P., & Zuraiyah, T. A. (2017). Model Otomatisasi Alat Pemberian Pakan pada Ikan Berbasis Sms Gateway.

Sugiyono, (2012) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Alfabeta, Bandung.

Vinanda, Gita., & Harianto, & Anggraeni, L. (2015). Risiko Produksi Ayam Broiler dan Preferensi Peternak di Kabupaten bekasi 2015. Jurnal Institut Pertanian Bogor.

Wisjhnuadji, T. W., & Narendro, A. (2017). Dispenser Pakan Ternak Ayam Otomatis Berbasis Mikrokontroler ATMEGA 8535. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 5(1), 2-7.

........., https://apjii.or.id/. Diakses 11 Juni 2018, Pukul 19.35 WIB

........., http://nodemcu.com/index_en.html . Diakses 14 Juni 2018, Pukul 22.05 WIB




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.11.2.169-178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi Indexed by:

Directory of Open Access JournalGoogle ScholarRoadIndonesia Scientific Journal Database (ISJD)Index Copernicus International (ICI)Garba Rujukan Digital(Garuda)CrossrefScience and Technology Index (SINTA)Directory of Research Journal Indexing (DRJI)CiteFactorResearchgateIndonesia One SearchAcedemia.eduResearchBibAcademickeysBielefeld Academic Search Engine (BASE)JifactorPKP IndexSherpa romeoworldcat


Copyright of Jurnal Teknologi (e-ISSN:2460-0288, p-ISSN:2085-1669).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ