KUALITAS PRODUKSI PLASTIC MOULDING DECORATIVE PRINTING METODE SIX SIGMA FAILURE MODE EFFECT ANALYSIS (FMEA) KEMASAN CAT PLASTIK

Ridwan Usman, Nanang Nanang

Abstract


Pengendalian kualitas dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk dan mengetahui kecacatan yang terdapat pada produk, sehingga apabila terdapat kecacatan produk dapat diantisipasi faktor cacat yang terjadi secara terus-menerus. Analisis cacat menggunakan metode peningkatan kualitas untuk mengetahui, faktor-faktor dominan apa saja yang mempengaruhi terjadinya cacat. PT.SG perusahaan yang memproduksi plastic packing produknya terdiri dari kemasan cat plastik terdiri dari ukuran 1, 2.5, 4, 10, 15, 18 dan 20 liter. Dalam penelitian ini metode yang diterapkan dalam pengendalian kualitas adalah Six Sigma dengan konsep DMAIC. Six Sigma digunakan sebagai pendekatan terhadap masalah yang terjadi dengan mengidentifikasi kecacatan produksi plastic moulding yang tinggi terutama terjadi pada kemasan cat plastik 4 liter. Terdapat jenis cacat label overlaping, terlipat, double dan hasil identifikasi jumlah cacat paling tinggi yaitu label miring 44%. Perusahaan menentukan kualitas apabila tercapainya kesesuaian antara hasil produksi yang dihasilkan dengan rencana target standar atau sasaran mutu yang ditetapkan pada setiap awal produksi. Penelitian mengidentifikasi masalah terhadap tingkat kecacatan dan perusahaan mengharapkan meningkatnya kualitas kinerja sehingga bisnis sukses, karena selalu berorientasi kepada kepuasan pelanggan.


Keywords


six sigma, kecacatan, plastic packing

Full Text:

PDF

References


Carlson, C. S. 2012. Effective FMEAs: Achieving Safe, Reliable, and Economical Products and Processes Using Failure Mode and Effects Analysis – 1st ed.

Gaspersz, Vincent. 2013. Pedoman Implementasi Program Six Sigma terintegrasi dengan ISO 9001:2000, MBMQA, dan HHCCP. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Harning, Murdifin dan Mahfud Nurnajamuddin. 2012. Manajemen Produksi Modern Operasi Manufaktur dan Jasa. Jakarta: Bumi Aksara.

Khaedir dan Wawan Kurniawan. 2012. Usulan Penerapan Metode Six Sigma Untuk Mengurangi Tingkat Kecacatan Pada Proses Produksi Pipa api 14 Inch di PT Bakri Pipe Industries. Jurnal Teknik Industri ISSN: 1411-6340.

Ni Wayan Anik Satria Dwi, Sri Mulyani dan Wayan Arnata. 2016. Pengendalian Kualitas Atribut Kemasan Menggunakan Metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA) pada Proses Produksi Air Minum Dalam Kemasan. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri. 2016. ISSN : 2503-488X, Vol 4, No 3 September 2016.

Vincent, G. (2012). All in One Management Toolbook. Bogor: Tri-Al-Bros Publishing.

Wibowo, H. dkk. (2014). Analisis Kecacatan Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Sebagai Upaya Perbaikan Kualitas dengan Metode DMAIC Vol. 12 No 2 Oktober 2014. ISSN 16936590.




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.13.1.25-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi Indexed by:

Directory of Open Access JournalGoogle ScholarRoadIndonesia Scientific Journal Database (ISJD)Index Copernicus International (ICI)Garba Rujukan Digital(Garuda)CrossrefScience and Technology Index (SINTA)Directory of Research Journal Indexing (DRJI)CiteFactorResearchgateIndonesia One SearchAcedemia.eduResearchBibAcademickeysBielefeld Academic Search Engine (BASE)JifactorPKP IndexSherpa romeoworldcat


Copyright of Jurnal Teknologi (e-ISSN:2460-0288, p-ISSN:2085-1669).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ