RANCANG ULANG DESAIN IMPELLER KIPAS SENTRIFUGAL SISTEM PENDINGIN MESIN SEPEDA MOTOR SKUTIK DENGAN METODE REVERSE ENGINEERING

Muhamad Dewangga, Mohamad Yamin

Abstract


Kipas jenis sentrifugal telah banyak digunakan sebagai sistem pendinginan mesin pada sepeda motor jenis skutik. Salah satu parameter yang menunjukkan kinerja dari kipas sentrifugal dalam mengatasi panas kerja mesin adalah besar volumetrik udara yang dihasilkan. Volumetrik udara yang dihasilkan oleh kipas sentrifugal yang telah digunakan pada sepeda motor jenis skutik masih dapat ditingkatkan dengan cara merancang ulang dengan mengubah desain sudu, jumlah keseluruhan sudu dan sudut inlet impeller. Metode reverse engineering diterapkan untuk mendapatkan desain referensi berupa data geometri serta dimensi dari part impeller melalui teknik non-contact laser scanning. Metode simulasi analisis computational fluid dynamics (CFD) juga diterapkan untuk mempelajari kinerja dari masing-masing desain impeller. Hasil simulasi analisis CFD menunjukkan bahwa keseluruhan desain hasil rancang ulang jenis sudu forward curved menghasilkan volumetrik udara yang lebih besar, khususnya dengan sudut sudu inlet 50° dan jumlah sudu 20  18,85% lebih besar dari desain impeller referensi dengan jenis backward curved.

Keywords


Impeller, Kipas Sentrifugal, Reverse Engineering, Computational Fluid Dynamics

Full Text:

PDF

References


Lin, S. C., & Huang, C. L. (2002). An integrated experimental and numerical study of forward–curved centrifugal fan. Experimental thermal and fluid science, 26(5), 421-434.

Kumar, V., Singh, O., Garg, M., & Chaudhary, Y. V. (2008). Optimization of air-cooling system of 4-stroke scooter engine. SAE Technical Paper. (No. 2008-32-0071).

Singh, O. P., Khilwani, R., Sreenivasulu, T., & Kannan, M. (2011). Parametric study of centrifugal fan performance: experiments and numerical simulation. International Journal of Advances in Engineering & Technology, 1(2), 33.

Huang, C. H., & Hung, M. H. (2013). An optimal design algorithm for centrifugal fans: Theoretical and experimental studies. Journal of Mechanical Science and Technology, 27(3), 761-773.

Brusiani, F., Bianchi, G. M., Catellani, C., Ferrari, M., Verziagi, P., & Catanese, D. (2014). CFD Analysis of a Two-Stroke Air Cooled Engine Designed for Handheld Products. SAE Technical Paper. (No. 2014-32-0006).

Khant, D., & Azharuddin, S. K. (2014) Design of a Centrifugal Blower Adopting Reverse Engineering Approach. IOSR Journal of Mechanical and Civil Engineering, 11(3) 28-33.

Amladimanesh, A., Ajam, H., & Nezhad, H. (2015). Numerical Study of Blade number Effect on the Performance of 3D FC Centrifugal Fan. International Journal of Mechatronics, Electrical and Computer Technology, 5(15), 2109-2119.

Sholikin, S., & Bintoro, C. (2016). Penerapan Reverse Engineering pada Analisa Tegangan Bracket Engine Mounting. Journal of Mechanical Engineering and Mechatronics, 1(01).

Rahman, Y., Marwan Effendy, S. T., & Anggono, A. D. (2017). Proses Reverse Engineering Menggunakan Laser Optical Scanner (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Engel, B., & Al-Maeeni, S. S. H. (2019). An Integrated Reverse Engineering and Failure Analysis Approach for Recovery of Mechanical Shafts. Procedia CIRP, 81, 1083-1088.




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.13.1.63-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ