ANALISIS PENGARUH HARMONISA TERHADAP KABEL ‘NYA’

Erwin Dermawan, Mushoffa Ali Firdaus, Anwar Ilmar Ramadhan

Abstract


Dengan semakin berkembangnya peralatan elektronik dan bertambah nya barang elektronik yang dipakai maka semakin besar pengaruh nya ke sistem kelistrikan. Karena akibat penggunaan peralatan elektronik ini akan menimbulkan distorsi pada sistem tenaga listrik. Hal ini akan menurunkan kualitas daya listrik karena arus yang terdistorsi tidak berbentuk gelombang sinusoidal murni, meskipun sumber tegangan yang dipakai pada saat itu berbentuk gelombang sinusoidal murni. Efek yang bersifat kontinu menyebabkan pemanasan dan adanya rugi daya pada penghantar. Hal ini disebabkan meningkatnya arus dari tembaga akibat meningkatnya frekuensi.



Keywords


Harmonisa, distorsi gelombang, Beban Nonlinier, Rugi Daya, kabel

Full Text:

PDF

References


W.Z.Gandhare, K.D. Patil, “Effec of Harmonics On Power Loss In XLPE Cables”, Energy And Power Engineering Journal (ACIJ), vol. 5, no. 1235-1239, July 2013.

I Wayan Sudiartha, “Analisis Pengaruh Harmonisa Terhadap Rugi Rugi Daya Pada Penghantar, Politeknik Negeri Bali, November, 2013

“catalog Industrial cable wire”. Di akses dari http://www.kabelindo.co.id pada tanggal 1 November 2014

Fransisco.C. De La Rosa. Harmonics And Power System, New York : Taylor and Francis, 2006

Adrianus. Pengaruh Jenis kabel. Fakultas Teknik UI. 2008

MK, Trisno, Bambang,. Kabel Dan Teknik Penyambungan

http://muhammadluthfibaidhowi.blogspot.com/2014/02/jenis-jenis-kabel-listrik-instalasi.html diakses tanggal 11 November 2014.




DOI: https://doi.org/10.24853/jurtek.8.2.93-100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Teknologi Indexed by:

Directory of Open Access JournalGoogle ScholarRoadIndonesia Scientific Journal Database (ISJD)Index Copernicus International (ICI)Garba Rujukan Digital(Garuda)CrossrefScience and Technology Index (SINTA)Directory of Research Journal Indexing (DRJI)CiteFactorResearchgateIndonesia One SearchAcedemia.eduResearchBibAcademickeysBielefeld Academic Search Engine (BASE)JifactorPKP IndexSherpa romeoworldcat


Copyright of Jurnal Teknologi (e-ISSN:2460-0288, p-ISSN:2085-1669).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ