Analisis Kepuasan Pelanggan Dalam Industri Teknologi Menggunakan Algoritma C4.5

Asep Surahmat, Mirza Sutrisno

Abstract


Kepuasan pelanggan menjadi acuan penting dalam keberlangsungan suatu usaha, begitu juga dengan usaha jasa service komputer di Computer Service Center yang memiliki pesaing dalam bisnisnya. Belum ada alat ukur terhadap kepuasan pelanggan di Computer Service Center saat ini, akan diselesaikan melalui metode Decision Tree menggunakan algoritma C4.5 dalam analisa kepuasan pelanggan. Data yang digunakan berasal dari data pelanggan Computer Service Center yang terdiri dari 80% data training dan 20% data testing. Setalah dilakukan penghitungan akurasi menggunakan Confusion Matriks didapatkan nilai Class Precision “ya”88,89% dan Class Recall “ya” sebesar 100%.


References


Anestiviya, Vista, A Ferico, and Octaviansyah Pasaribu. 2021. “Analisis Pola Menggunakan Metode C4.5 Untuk Peminatan Jurusan Siswa Berdasarkan Kurikulum (Studi Kasus : Sman 1 Natar).” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI) 2(1): 80–85. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI.

Bhuyan, Hemanta Kumar, and Vinayakumar Ravi. 2021. “Analysis of Subfeature for Classification in Data Mining.” IEEE Transactions on Engineering Management (August).

Candra Naya, Arif Siswandi. 2021. “Analisa Kepuasan Pelanggan Menggunakan Algoritma C4.5 Pada PT. Cahaya Indotama Engineering.” Jurnal Teknologi Pelita Bangsa 12(4): 33–40.

Charbuty, Bahzad, and Adnan Abdulazeez. 2021. “Classification Based on Decision Tree Algorithm for Machine Learning.” Journal of Applied Science and Technology Trends 2(01): 20–28.

Chris, S, Edy, and D Susilawati. 2020. “Analisis Perancangan Sistem Untuk Kepuasan Pelanggan Pada UD. Shinta Elektronic Dengan Menggunakan Metode Algoritma C4.5.” Algor 1(2): 52–58. https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/algor/article/view/335.

Febriani, Siska, and Heni Sulistiani. 2021. “Analisis Data Hasil Diagnosa Untuk Klasifikasi Gangguan Kepribadian Menggunakan Algoritma C4.5.” 89Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI) 2(4): 89–95.

Noor, Auliya. 2022. “Analisa Pengaruh Kualitas Aplikasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia Menggunakan Metode PIECES Framework.” Journal of Information System Research (JOSH) 3(4): 658–65.

Prasetyaningrum, Eka, and Puji Susanti. 2023. “Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Percetakan Cv. Mega Media Menggunakan Algoritma C4.5.” Sisfotenika 13(1): 65–75.

Pratiwi, Banu Putri, Ade Silvia Handayani, and Sarjana Sarjana. 2021. “Pengukuran Kinerja Sistem Kualitas Udara Dengan Teknologi Wsn Menggunakan Confusion Matrix.” Jurnal Informatika Upgris 6(2): 66–75.

Safitri, S Thya, Citra Wiguna, Dwi Mustika Kusumawardani, and Intan Yulita Wibowo. 2021. “Klasifikasi Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Classification and Regression Tree (CART).” Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI 5(1): 337–49.

Simanjuntak, A D. 2022. “Data Mining Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Pdam Menggunakan Metode Clustering.” Seminar Nasional Informatika (SENATIKA) 6(3). http://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/SENATIKA/article/view/947/0%0Ahttp://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/SENATIKA/article/viewFile/947/672.

Surahmat, Asep, and Didi Kurnaedi. 2020. “Junior Class Preparedness Classification Faces A National Exam Using A C.45 Algorithm With A Particle Swarm Optimization Approach.” bit-Tech 3(1): 11–20.

Sutrisno, Mirza, Jefri Kusuma Rambe, and Asruddin Asruddin. 2023. “The Implementation of C4.5 Algorithm for Determining the Department of Vocational High School.” Jurnal Riset Informatika 5(2): 211–18.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.13.2.75-79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ