DIAGNOSA PENYAKIT KANKER PAYUDARA MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING

Emi Susilowati, Amelia Tri Hapsari, Muhammad Efendi, Priadhana Edi Kresnha

Abstract


Kanker payudara merupakan kondisi kanker yang muncul di daerah payudara. Kanker jenis ini sering dialami oleh wanita. Ciri khas dari kanker payudara yaitu munculnya benjolan yang tidak biasa di area payudara. Diagnosa sejak dini pada payudara merupakan upaya untuk meminimalisir jumlah pasien yang terkena kanker payudara yaitu dengan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Salah satu metode pemeriksaan kanker payudara yaitu mammografi yang merupakan metode skrining yang akan mengidentifikasi kanker payudara berdasarkan gejala-gejala yang muncul. Pada penelitian ini akan dilakukan pengklasteran diagnosa keadaan pasien kanker payudara benign (jinak) dan malign (ganas) berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi kanker payudara menggunakan metode K-Means Clustering. Proses clustering mengambil 10 pasien dengan 10 gejala yang mempengaruhi kanker payudara. Hasil dari clustering tersebut akan menentukan pada tiap-tiap pasien apakah pasien tersebut tergolong kanker payudara jinak (benign) ataupun kanker payudara ganas (malignant). Pada penelitian ini dilakukan pengujian terhadap 41 pasien kanker payudara. Dari perhitungan pengujian didapatkan akurasi data sejumlah 82.93%. Hasil tersebut membuktikan bahwa algoritma K-Means Clustering dapat diimplementasikan pada permasalahan diagnosa penyakit kanker payudara.

References


Agusta, Y. (2007). K-Means – Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait. Jurnal Sistem dan Informatika, 47-60.

InfoDATIN. (2016, Oktober). Retrieved Mei 28, 2019, from Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI: http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/InfoDatin%20Bulan%20Peduli%20Kanker%20Payudara_2016.pdf

Keleş, A., Keleş, A., & Yavuz, U. (2011). Expert System Based On Neuro-Fuzzy Rules For Diagnosis Breast Cancer. In Expert Systems With Applications (pp. 5719-5726). Elsevier.




DOI: https://doi.org/10.24853/justit.10.1.27-32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Statistik Pengunjung

Powered by Puskom-UMJ