STRATEGI FUNDRAISING CROWDFUNDING UNTUK PENGEMBANGAN FILANTROPI SOSIAL DI INDONESIA (STUDY KASUS KITABISA.COM)
DOI:
https://doi.org/10.24853/kais.3.1.1-8Keywords:
Crowdfunding, Filantropi, Fundraising, Social AgilityAbstract
Tumbuhnya praktik filantropi yang mengajarkan nilai-nilai kebaikan terhadap sesama. Salah satu bentuk crowdfunding yang popular di Indonesia adalah Kitabisa.com. Sebagai salah satu lembaga yang dianggap berhasil menggalang dana di Indonesia, maka perlu diketahui strategi yang dimiliki oleh Lembaga ini yang bisa menjadi referensi bagi Lembaga filantropy lainnya di Indonesia dalam mengembangkan fundraisingnya. Penelitian ini menggunakan metode studi literature dan observasi pada website yang dimiliki oleh Kitabisa.com. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Kitabisa.com melaksanakan manajemen fundraising secara online dan offline yang berfungsi sebagai sarana untuk penggerak dalam menjalankan peran crowdfunding. Selain itu, Kitabisa.com dalam melakukan fundraising sebagai lembaga filantrofi sosial dengan berbagai strategi sebagaimana berikut ini: a) Memberikan kemudahan dalam bertransaksi bagi pendonasi dengan pendekatan metode pembayaran berbasis online dan murah serta mudah diakses oleh pendonasi, b) Menjaga dan meningkatkan Trust (kepercayaan pendonasi) selalu dijaga dengan melakukan pendekatan Trust pyramid, c) Menggunakan kekuatan Influencer dalam mempromosikan keberadaan platform crowdfunding Kitabisa, d) Memanfaatkan kedekatan emosional dan rekomendasi dari keluarga, teman, atau orang yang dikenali sehingga meningkatkan trust para donatur, yang bersifat Inclusive, terbuka dan fleksibel, e) Memiliki sosial Agility Platform dengan kelincahan merespon krisis, perubahan dan mengkoneksikan jaringan/modalitas yang ada. Peran sosial entrepreneurship Kitabisa.com dapat menjadi contoh pada pengembangan lembaga-lembaga sosial yang ada di Indonesia dengan menerapkan strategi fundraising sebagaimana yang sudah dilakukan oleh Kitabisa.com. Untuk itu, potensi donasi dari gerakan filantropi ini sangat perlu diperhitungkan dan dapat menjadi rujukan sebagai alternatif dalam pengembangan strategi lembaga sosial maupun pendidikan untuk peningkatan fundraising dalam pemberdayaan ummat, sebagaimana juga yang diperankan oleh Muhammadiyah yang senantiasa bekerja dalam meningkatkan keberdayaan masyarakat.References
Chrismastianto, IAW, 2017, Analisis SWOT Implementasi Teknologi Finansial Terhadap
Kualitas Layanan Perbankan Di Indonesia, Jurnal Elektronik UKS, Vol 20 No.1
Cynthia Kurniawan Ong, 2020, Inovasi Keuangan di Bidang Equity Crowdfunding dalam
Pengembangan Pasar Modal, Airlangga Jurnal of Innovation Management, Vol.1, No.2,
October 2020.
Herna1, dkk 2019,Strategi Komunikasi Media Sosial untuk Mendorong Partisipasi Khalayak
pada Situs Online Kitabisa.Com, Jurnal Komunikasi Pembangunan, Volume 17, No. 2.
Ismail, (2019). IMPLEMENTASI PERILAKU FILANTROPI DALAM PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM.
Jusuf, C. (2007). Filantropi Modern Untuk Pembangunan Sosial. Penelitian Dan
Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 12, 74–84.
Lestari, I. (2019). Konsep Filantropi Menurut Himan Latief.
Marwing, A, 2015, Pendekatan Psikologi Dalam Peningkatan Fundraising Zakat, An-Nisbah,
Vol. 02, No. 01.
Nugroho & Rachmaniyah, 2019, Fenomena Perkembangan Crowdfunding di Indonesia,
Universitas Islam Darul ‘Ulum – Lamongan, EkoNiKa | Vol. 4, No. 1.
Purnomo, Margo. (2014). Agilitas Organisasi-Organisasi Entrepreneurial. Jurnal Aplikasi
Bisnis. 5. 24-48.
Suharman, Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Melalui
Aplikasi Online Start-Up di Kota Medan, Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol. 7,
No.3, 2019: 259-280
Wandi Adiansah, Nandang Mulyana, & Muhammad Fedryansyah, 2015, Potensi
Crowdfunding di Indonesia dalam Praktik Pekerjaan Sosial, Prosiding KS: RISET &
PKM Vol. 3
https://kabar24.bisnis.com/read/20200111/79/1189170/ini-bedanya-filantropi-csr-dan-charity.
https://kitabisa.com/
Anwar, MC (2021) Tak Beri Izin, OJK Resmi Tutup Program Saling Jaga Kitabisa.com
Diambil dari :
https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/money/read/2021/05/05/155253726/t
ak-berizin-ojk-resmi-tutup-program-saling-jaga-kitabisacom